Bupati Wonosobo Janji Bakal Tutup Galian C Liar di Kertek Usai Didemo Warga

Bupati Wonosobo Janji Bakal Tutup Galian C Liar di Kertek Usai Didemo Warga

Warga menyimak sambutan Bupati Afif Nurhidayat di tengah aksi demo penolakan proyek tambang galian c liar di kawasan Desa Candiyasan Kertek Wonosobo, Senin 19 Juni 2023.-FOTO : MUKAROM MOHAMMAD-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Aksi unjuk rasa ribuan warga memprotes aktivitas galian C terjadi di kawasan Desa Candiyasan Kecamatan Kertek Wonosobo.

Warga memblokade jalan provinsi sehingga menimbulkan kemacetan panjang, Senin 19 Jumi 2023.

Bahkan antrean kendaraan terlihat sepanjang 1 kilometer arah Kertek ke Kabupaten Temanggung tak terhindarkan.

BACA JUGA:Tolak Galian C Liar, Ribuan Warga Kertek Wonosobo Blokade Jalan Provinsi

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat didampingi oleh Kapolres Wonosobo secara bersamaan temui para demonstran siang itu.

"Permintaan bapak dan ibu sekalian akan kami penuhi, akan tetapi saya berpesan tolong jangan mengganggu aktivitas lalu lintas karena ini aksesnya menyangkut banyak kabupaten," tegas Bupati Afif saat menemui pendemo di area pertambangan pasir galian C liar.

Aksi yang terdiri dari dua desa. Yaitu, Candiyasan dan Kapencar itu terlihat riuh. Mendengar statement bupati, sontak membuat warga girang.

"Saya berjanji tindak tegas untuk memenuhi keinginan masyarakat tersebut yaitu menurunkan eksavator dan menutup galian C di Desa Candiyasan," tegas Bupati.

BACA JUGA:Tarik Keluar Backhoe dari Lokasi Tambang, Kapolres Wonosobo: Tak Boleh Ada Premanisme

Setelah situasi cukup dingin, tidak lama kemudian 1 eksavator yang akan beroperasi di galian C liar itu turun dan diangkut pergi oleh petugas berwenang.

"Selanjutnya kita akan mengkaji soal perizinan tambang bersama Polres Wonosobo. Apakah sesuai atau tidak karena perizinan itu panjang sekali, dan harus terpenuhi semua," tambahnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres