Akibat Gempa Jogja, Belasan Rumah di Wonosobo Kini Berstatus Tak Layak Huni

Akibat Gempa Jogja, Belasan Rumah di Wonosobo Kini Berstatus Tak Layak Huni

GEMPA. Kondisi salah satu rumah warga terdampak akibat gempa bumi yang terjadi belum lama ini. -Istimewa-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Akibat peristiwa gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo yang terjadi di dasar lautan selatan di Jogjakarta pada Jumat malam lalu, mengakibatkan belasan rumah di tiga kecamatan di Wonosobo terdampak. Statusnya kini sudah tidak layak huni.

Plt BPBD Kabupaten Wonosobo, Bambang Triyono sebutkan wilayah terdampak antara lain Kecamatan Kepil, Kecamatan Kalikajar, dan Kecamatan Kaliwiro.

"Di tiga kecamatan tersebut, terdapat belasan rumah terdampak dan rusak. Beberapa sudah tidak layak huni karena akan membahayakan jika ditinggali," katanya Bambang Triyono, Sabtu 1 Juli 2023.

BACA JUGA:Rumah di Wonosobo Dilahap Api, Kerugian Ditaksir Rp150 Juta

Bambang beberkan, kondisi pemukiman warga yang terdampak kerusakannya berbeda-beda. Ada yang genting ambrol, dinding runtuh, hingga retakan pada lantai-lantai rumah.

"Gempa kemarin cukup besar dampaknya karena ada yang lantai atau bagian dasar rumah retak-retak, meski retakannya tidak sampai jadi belahan bidang tanah," ucapnya.

Ia bersama tim relawan penanggulangan bencana dan personil BPBD sigap lakukan peninjauan dan mengevakuasi ke lokasi terdampak.

"Kami bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan berwaspada karena menurut prediksi BMKG akan terjadi gempa susulan," tuturnya.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! Kasus HIV Aids di Wonosobo Turun Signifikan

Ditandaskan, pihaknya telah gelontorkan sejumlah bantuan pengadaan material untuk reparasi ringan terhadap sejumlah pemukiman warga yang rusak akibat gempa.

"Kita berikan beberapa bantuan berupa material untuk memperbaiki bagian rumah. Selain itu kita gandeng tim medis untuk memastikan kondisi kesehatan masyarakat tetap aman setelah alami kepanikan," tutupnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres