Gus Muafiq Ajak Masyarakat Meneladani Syekh Subakir dan Wali Songo

Gus Muafiq Ajak Masyarakat Meneladani Syekh Subakir dan Wali Songo

Wakil Walikota Magelang KH Mansyur dan tokoh dari PCNU menggelar doa bersama di area makam Syekh Subakir Puncak Gunung Tidar, Kamis 25 Agustus 2023-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

Peran Syaikh Subakir sebelum Wali Songo, lanjutnya, memiliki perjuangan yang sama besar dalam menegakkan ajaran Islam. Dia pun mengajak warga Kota Magelang untuk menghargai keberadaan Syaikh Subakir, salah satunya dengan menggelar haul.

BACA JUGA:VIRAL! Bukan Gunung Tidar, Ternyata Ini Titik Tengah Pulau Jawa

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengatakan, Haul Syekh Subakir menjadi momentum untuk menguatkan silaturahmi dan saling berbagi kepada sesama.

”Hari-hari ini kita perlu loman (berbagi) dengan sesama, ini penting, kemudian selalu berprasangka baik kepada Allah. Kota Magelang itu tidak neko-neko, dari dulu sudah menjunjung tinggi toleransi,” kata Aziz.

Dia ingin kegiatan ini rutin digelar sebagai wujud penghormatan kepada tokoh/ulama yang telah berjasa untuk Kota Magelang.

Aziz juga ingin mengadakan Milad Pangeran Diponegoro setiap bulan November.

BACA JUGA:Programis Kota Magelang, Perkuat Budaya Toleransi Antar-Masyarakat

Ketua Panitia, sekaligus Ketua PCNU Kota Magelang, Akhamd Rifai mengungkapkan rasa syukur karena Haul Syekh Subakir, ulama besar dalam sejarah perjuangan Islam di Tanah Jawa, dapat digelar lagi setelah pandemi Covid-19.


Ribuan jemaah pengajian di Haul Syekh Subakir kompleks Gunung Tidar--

”Di sini kita bersama-sama mendoakan Syekh Subakir, doa itu menjadi barokah bagi kita semua. Kegiatan ini merupakan kolaborasi Pemda Kota Magelang dan PCNU. Harapannya agar tahun berikutnya terus terlaksana,” katanya.

Haul Syekh Subakir kali ini diawali dengan doa bersama dan khataman Alquran di area maqom Syekh Subakir di atas Kebun Raya Gunung Tidar, Kamis 24 Agustus 2023 lalu.

Khataman diikuti setidaknya 30 santri Pondok Pesantren Al-Ma’unah, Tulung, Kota Magelang, dan pengurus Jam’iyyatul Qurra’ Walhuffadz Nahdlatul Ulama (JQH NU) Magelang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres