Gus Muafiq Ajak Masyarakat Meneladani Syekh Subakir dan Wali Songo

Gus Muafiq Ajak Masyarakat Meneladani Syekh Subakir dan Wali Songo

Wakil Walikota Magelang KH Mansyur dan tokoh dari PCNU menggelar doa bersama di area makam Syekh Subakir Puncak Gunung Tidar, Kamis 25 Agustus 2023-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES Ribuan masyarakat dari berbagai daerah tumpah ruah mengikuti tabligh akbar yang menghadirkan KH Ahmad Muafiq atau yang akrab disapa Gus Muafiq. Tabligh akbar ini diselenggarakan dalam rangka Haul Syekh Subakir agenda rutin tahunan di Jalan Ikhlas, kompleks Pertokoan Rejotumoto, Kota Magelang, Kamis 24 Agustus 2023 malam lalu.

Syekh Subakir diyakini sebagai tokoh penyebar agama Islam periode pertama Wali Songo. Tak ayal, hingga saat ini, Makam Syekh Subakir di Puncak Gunung Tidar kerap didatangi para peziarah dari seantero Nusantara.

Wakil Walikota Magelang, KH M Mansyur mengatakan, tujuan dilakukannya kegiatan Haul Syekh Subakir ini untuk mengenang dan mendoakan Syekh Subakir.

Dia juga berharap, masyarakat bisa melanjutkan perjuangan tokoh syiar agama Islam generasi pertama di Pulau Jawa itu.

”Sebenarnya prinsipnya dengan Haul ini untuk mengenang jasa beliau dan mendoakan almarhum Syekh Subakir yang sudah berjuang di Magelang ini, kita pun punya semangat untuk meneruskan perjuangannya untuk Kota Magelang ini,” imbuhnya.

BACA JUGA:Sudah Berdiri 100 Tahun Lebih, Kompor Raksasa Kota Magelang Ternyata Memiliki Cerita Suram

Mansyur berharap, Gunung Tidar dapat menjadi destinasi wisata yang lebih maju untuk masyarakat Magelang maupun luar Magelang, baik untuk wisata religi maupun wisata budaya.

”Saya apresiasi luar biasa kepada penyelenggara. Tahun ini adalah pertama kalinya haul digelar setelah vakum selama tiga tahun karena pandemi Covid-19,” jelasnya.

Mansyur menjelaskan, haul tersebut merupakan ungkapan rasa terima kasih dan takdim kepada Syaikh Subakir yang diyakini sebagai pendahulu syiar agama Islam sebelum Wali Songo.

”Pada intinya, haul ini menjadi ungkapan terima kasih dan takdim terhdap Syaikh Subakir yang makamnya ada di Gunung Tidar ini,” katanya.

BACA JUGA:Banyak yang Mengira Kyai Sepanjang di Gunung Tidar Magelang Itu Adalah Tokoh, Ternyata Inilah Sosoknya

Sementara itu, KH Ahmad Muwafiq atau yang akrab disapa Gus Muwafiq mengisahkan tentang perjuangan para Wali Songo yang dengan susah payah menyebarkan ajaran agama Islam di Nusantara.


KH Ahmad Muafiq atau Gus Muafiq di acara Haul Syekh Subakir Gunung Tidar--

Wali Songo, katanya, dulu berjuang menyebarkan agama Islam di tengah budaya yang sudah berkembang di tanah Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres