Banyak yang Mengira Kyai Sepanjang di Gunung Tidar Magelang Itu Adalah Tokoh, Ternyata Inilah Sosoknya

Banyak yang Mengira Kyai Sepanjang di Gunung Tidar Magelang Itu Adalah Tokoh, Ternyata Inilah Sosoknya

Peziarah mendatangi makam Kyai Sepanjang yang berada di jalur pendakian Gunung Tidar Kota Magelang-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Nama Kyai Sepanjang mungkin tidak asing bagi masyarakat Magelang. Ternyata nama Kyai Sepanjang, meski ada titel Kyai tetapi jangan salah.

Kyai Sepanjang bukanlah tokoh. Melainkan sebuah senjata yang dijadikan senjata utama Syekh Subakir dalam menaklukan penguasa bangsa jin yakni Kyai Semar.

Berdasarkan cerita rakyat yang sampai saat ini masih dipercaya masyarakat Magelang, Syekh Subakir merupakan tokoh penyebar agama Islam asal Persia, Kesultanan Utsmaniyah (Turki sekarang).

Syekh Subakir diutus Sultan Muhammad I, Sultan Utsmaniyah untuk menyebarkan agama Islam di wilayah Nusantara atau tanah Jawa.

Syekh Subakir konon adalah seorang ulama besar yang juga menjadi anggota Wali Songo generasi pertama.

Syekh Subakir mendapat misi khusus untuk menangani masalah-masalah gaib dan spiritual yang dinilai telah menjadi penghalang diterimanya Islam oleh masyarakat Jawa ketika itu.

BACA JUGA:Kirab Gunungan di Puncak Gunung Tidar Meriahkan Malam Satu Suro di Magelang

Syekh Subakir dikenal ahli dalam meruqyah, ekologi, meteorologi, dan ahli dalam ilmu geofisika.

Dilansir dari buku Babad Tanah Jawa, sesampainya di Nusantara, Syekh Subakir mengetahui sebab musabab gagalnya tokoh-tokoh sebelumnya menyebarkan ajaran Islam di Nusantara.

Tidak lain penyebabnya karena para ulama sebelumnya dihalang-halangi bangsa jin dan dedemit penunggu tanah Jawa.

Syekh Subakir yang terkenal sakti memiliki tombak bernama Kyai Sepanjang. Tombak itu kemudian ditancapkan di puncak Gunung Tidar karena Gunung Tidar adalah pusarnya pulau Jawa. Tombak itu ditancapkan sebagai penolak bala.


Ilustrasi penggambaran AI tombak yang ditancapkan di atas bukit --

BACA JUGA:Kemeriahan Grebeg 1 Suro Keluarga Besar Abdi Gunung Tidar di Kota Magelang

Konon tombak Kyai Sepanjang ini bisa menciptakan hawa panas bagi jin-jin kafir yang berada dan selama ini berkuasa di Pulau Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres