Kemeriahan Grebeg 1 Suro Keluarga Besar Abdi Gunung Tidar di Kota Magelang

Kemeriahan Grebeg 1 Suro Keluarga Besar Abdi Gunung Tidar di Kota Magelang

Memperingati 1 Suro atau 1 Muharram, pergantian Tahun Baru Hijriyah, Keluarga Besar Abdi Gunung Tidar menggelar acara Grebeg Suro dan Bhakti Alam Gunung Tidar. -DENDIT TRI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID Memperingati 1 Suro atau 1 Muharram, pergantian Tahun Baru Hijriyah, Keluarga Besar Abdi Gunung Tidar menggelar acara Grebeg Suro dan Bhakti Alam Gunung Tidar.

Acara ini diadakan Selasa, 18 Juli 2023 di Kawasan Kebun Raya Gunung Tidar, Kota Magelang.

Grebeg Suro dan Bhakti Alam Gunung Tidar 2023 ini mengusung tema “Nyawiji Memetri Lestarining Budaya Nusantara Kanthi Guyub Rukun Saiyeg Saekapraya Adhedasar Pancasila Minangka Jati Dirining Bangsa”.

Tema tersebut memiliki arti bersatu memelihara kelestarian Budaya Nusantara dengan guyub rukun berlandaskan Pancasila sebagai jati diri bangsa.

Begawan Prabu atau Agung Nugroho yang merupakan Inisiator Grebeg Suro dan Bhakti Alam Gunung Tidar menerangkan bahwa adanya acara ini bertujuan untuk sarana atau wadah pelestarian nilai-nilai kearifan lokal.

"Ini adalah salah satu tradisi masyarakat yang harus terus kita lestarikan," ujarnya.


Kemeriahan Grebeg 1 Suro di Gunung Tidar-DENDIT TRI-MAGELANG EKSPRES

BACA JUGA:PNS Guru Kota Magelang Dilantik Jadi Jabatan Fungsional

Acara Grebeg Suro dan Bhakti Alam Gunung Tidar ini menampilkan 18 kelompok kesenian rakyat baik itu dari wilayah Gunung Tidar maupun beberapa wilayah di Magelang.

Seperti Tari Topeng Ireng, Tari Gedruk, Tari Warok, dan Tari Gugur Gunung ikut meramaikan acara Grebeg Suro dan Bhakti Alam Gunung Tidar.

Perlu diketahui bahwa tahun 2023 ini merukan kali kedua Grebeg Suro dan Bhakti Alam Gunung Tidar dilaksanakan.

Begawan Prabu mengatakan, acara Grebeg Suro dan Bhakti Alam Gunung Tidar dimulai dari prosesi kirab sesaji dengan mengarak ogoh-ogoh, yang terdiri dari 18 tumpeng serta sesaji hasil bumi masyarakat.

Bukan hanya itu gunungan produk UMKM pun juga tersaji didalamnya.

BACA JUGA:Peduli Lingkungan, Jajaran Polres Magelang Kota Bersihkan Sampah di Gunung Tidar dan Sungai Kalibening

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: