Walikota Magelang: Organisasi Kepemudaan Harus Bisa Jadi Detak Kehidupan Kampus

Walikota Magelang: Organisasi Kepemudaan Harus Bisa Jadi Detak Kehidupan Kampus

PELANTIKAN. Walikota Magelang, dr Muchammad Nur Aziz hadir saat pelantikan KAMMI 2023-2025 di RM Bu Tatik, Minggu (3/9).-Heni Agusningtiyas-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Keberadaan organisasi kepemudaan harus mampu menjadi detak kehidupan di kampus.

Hal itu menjadi pesan dari Walikota Magelang dr Muchammad Nur Aziz saat hadir pelantikan pengurus daerah KAMMI Magelang Raya periode 2023 2025, Minggu, 3 September 2023.

"Meski memiliki anggota 20 tapi adik-adik yang harus punya sistem akuntabilitas institusi. Bagaimana membuat perencanaan, bagaimana anggarannya, bagaimana programnya, dijalankan, di eksekutif dan nanti dievaluasi. Semua harus belajar karena orang yang mau sukses ya biasanya gagal dulu," pesannya.

Dijelaskan Walikota, Magelang ini kota kecil dan Magelang raya banyak pemimpin muncul. Minimal orang yang belajar di Magelang ini banyak menjadi pemimpin.

"Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menciptakan pemimpin yang berikutnya. Kalau kita belajar tentang sahabat nabi, bagaimana nabi menyiapkan kadernya. Bagaimana menyusun strategi supaya bisa diterima oleh masyarakat," imbuhnya.

Zakiy Firosy As Syahid, Wakil Ketua KAMMI Jawa Tengah menuturkan KAMMI yang berdiri pada tahun 1998 dan baru sekitar 25 tahun mewarnai organisasi kepemudaan di Indonesia.

"Kami terus regenerasi jadi ini satu hal yang kami syukuri, saya mewakili dari KAMMI Jawa Tengah melihat bahwa KAMMI Magelang termasuk salah satu yang bergerak dengan progresif,” tuturnya.

Jadi Magelang ini, menurut Zakiy, sebelumnya diinformasikan hanya komisariatnya satu. Sekarang sudah bertambah beberapa, kemudian juga dari segi kontribusinya dan dampaknya terhadap masyarakat.

Ia menilai KAMMI Magelang sudah bergerak dengan baik, dan hal-hal seperti ini lah yang dilihat sebagai satu kemajuan bagi ruang-ruang kepemudaan di Indonesia khususnya di Jawa Tengah.

Pengurus KAMMI Magelang periode 2023-2025 dilantik Yusron Abdul Latif Rabbani, Kabid PP KAMMI Ristek.

Ridwan Maulana Ahmad, Ketua KAMMI Magelang Raya mengatakan pemuda sebagai generasi penerus. Bagaimana mengembalikan eksistensi kekuatan pemikiran dan keberlangsungan untuk bangsa kita tercinta.

"Seperti ketika memang hasil musyawarah daerah, menimbang dan memutuskan saya terpilih sebagai ketua. Saya bisa berkontribusi, bisa memberikan sebuah karya-karya untuk kita khususnya di Magelang. Insya Allah akan banyak berkolaborasi berkomunikasi dengan pemerintah. Kami ini sebagai mitra kritis dengan pemerintah. Kamu bisa terus berkarya memberikan kontribusi kreativitas dan aksi-aksi kita bagaimana untuk bisa memberikan kemajuan untuk bangsa ini," katanya. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres