Kenali 5 Jenis Jerawat dan Penyebabnya

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Penyebabnya

Jenis-jenis jerawat dan penyebabnya-Indah Cahyasari-Canva

Jerawat ini sering kali merah dan terasa sakit. Jerawat pustula juga disebabkan oleh peradangan.

4. Jerawat Nodul

Jerawat nodul adalah benjolan besar dan keras yang terbentuk di bawah kulit.

Jerawat Nodul sangat sakit dan bisa meninggalkan bekas luka. Jerawat ini disebabkan oleh peradangan dalam yang dalam.

5. Jerawat Kistik

Jerawat kistik merupakan jerawat terburuk di antara semua jenis jerawat.

Jerawat kistik berukuran sangat besar, dalam, dan penuh nanah. Jerawat kistik biasanya memerlukan perawatan medis dan dapat meninggalkan bekas lukan permanen.

Penyebab Jerawat Pada Kulit

BACA JUGA:Basmi Jerawat dan Cerahkan Kulit dengan Cara Membuat Masker Kopi

  1. Produksi Kelenjar Minyak yang Berlebihan: Ketika kelenjar minyak pada kulit Anda menghasilkan terlalu banyak minyak (sebum), pori-pori dapat tersumbat, dan ini dapat menyebabkan perkembangan jerawat.
  2. Penumpukan Sel Kulit Mati: Sel-sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan kulit, terutama jika tidak dibersihkan dengan baik. Ini dapat menyumbat pori-pori dan menjadi tempat berkembangnya jerawat.
  3. Peradangan: Jerawat seringkali merupakan hasil dari peradangan pada pori-pori kulit. Bakteri yang masuk ke dalam pori-pori dapat memicu peradangan dan menyebabkan jerawat merah dan bengkak.
  4. Hormon: Perubahan hormon dalam tubuh, seperti selama masa pubertas, menstruasi, kehamilan, atau penggunaan pil kontrasepsi tertentu, dapat memengaruhi produksi minyak kulit dan memicu munculnya jerawat.
  5. Genetika: Faktor genetik juga dapat berperan. Jika orang tua Anda memiliki riwayat jerawat, Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami masalah serupa.
  6. Stres: Stres dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan meningkatkan risiko munculnya jerawat.
  7. Pemakaian Produk Kecantikan yang Tidak Cocok: Penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda atau yang mengandung bahan-bahan yang menyumbat pori-pori juga dapat menjadi pemicu jerawat.
  8. Polusi dan Kotoran Lingkungan: Paparan polusi udara dan kotoran lingkungan lainnya dapat menyebabkan penumpukan zat-zat berbahaya pada kulit, yang bisa menyebabkan jerawat.
  9. Diet yang Tidak Sehat: Pola makan yang tinggi gula dan lemak, serta kurangnya asupan makanan sehat, dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan memicu jerawat. (*)

BACA JUGA:10 Cara Mengobati Jerawat dengan Bahan Alami Paling Ampuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: