Wajib Dipakai! 6 Manfaat Sunscreen Jika Kamu Tidak Mau Terkena 9 Bahaya Paparan Sinar UV Ini

Wajib Dipakai! 6 Manfaat Sunscreen Jika Kamu Tidak Mau Terkena 9 Bahaya Paparan Sinar UV Ini

Wajib Dipakai! 6 Manfaat Sunscreen Jika Kamu Tidak Mau Terkena 9 Bahaya Paparan Sinar UV Ini-metamorworks-Getty Images

MAGELANG EKSPRES --  Sunscreen atau tabir surya adalah suatu zat atau material yang dapat melindungi kulit tehadap sinar UV.

Sinar ultraviolet atau sinar UV bemanfaat untuk manusia yaitu diantaranya untuk mensintesa vitamin D dan juga berfungsi untuk membunuh bakteri. Tapi tahukah kamu bahwa sinar UV dapat merusak kulit manusia jika terpapar oleh sinar UV terlalu lama.

Ada tiga jenis sinar ultraviolet, yaitu sinar UV A, UV B, dan UV C. Dikutip dari Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 2014, tiga jenis sinar ultraviolet masing-masing memilikki ciri-ciri dan tingkat keparahan efek radiasi yang berbeda-beda.

BACA JUGA:5 Cara Putihkan Wajah Cukup Pakai Bahan Alami dan Mudah Dicari, Pria Juga Bisa Lho Ternyata

Namun pada umumnya, sinar ultraviolet yang terpapar masuk ke bumi, baik itu sinar UV A, UV B, maupun UV C, dapat memberikan dampak sebagai berikut:

1. Kemerahan pada kulit

Bahaya sinar ultraviolet yang pertama adalah memberikan efek kemerahan pada kulit.

Secara umum sinar ultraviolet, terutama sinar UV B dapat menimbulkan gejala kemerahan pada kulit.

Hal ini merupakan suatu bentuk iritasi kulit yang terpapar sinar ultraviolet. Biasanya gejala ini juga disertai rasa gatal pada bagian kulit yang memerah.

BACA JUGA:Terbukti Hemat BBM! Inilah 8 Cara Mengendarai Sepeda Motor Agar Irit Bensin

2. Kulit terasa seperti terbakar

Sinar ultraviolet juga dapat membuat kulit memiliki gejala seperti terbakar. Hal ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar UV B

3. Dapat menimbulkan eritema

Eritema merupakan kondisi di mana kulit kaki mengalami kemerahan dan bengkak. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar UV B

4. Menimbulkan penyakit katarak

Katarak merupakan kondisi mata yang tertutupi atau terhalang selaput-selaput tertentu sehingga membuat penglihatan menjadi berkabut dan cukup jelas.selain faktor usia, paparan sinar UV juga menjadi salah satu pemicu timbulnya katarak.

BACA JUGA:8 Cara Ampuh Hilangkan Mata Panda dengan Bahan yang Ada Di Rumah, Wajib di Coba!

5. Dapat memicu pertumbuhan sel kanker

Paparan sinar UV dapat menimbulkan terjadinya kerusakan fotokimia pada DNA dari sel-sel yang berada di dalam tubuh. Hal ini akan memicu terbentuknya kanker terutama kanker kulit pada manusia.

6. Radiasi sinar UV yang menembus dermis dapat merusak sel kulit

7. Kulit dapat kehilangan elastisitas

Paparan sinar UV A yang dapat menembus bagian dermis kulit dapat merusak sel-sel yang berada pada dermis. Hal ini membuat elastisitas kulit menjadi berkurang.

BACA JUGA:Mau Diet Sehat Anda Berhasil, Konsumsi Macam-Macam Sayur dan Buah Ini!

8. Kerut Pada Bagian Kulit

Kerutan pada kulit merupakan salah satu efek samping dai hilangnya dan berkurngnya elastisitas kulit.

9. Kanker Kulit

Beberapa jenis kanker kulit disebabkan oleh sinar UV. Sinar matahari di siang hari dan sore hari sangat riskan untuk merusak kulit. Sel-sel kulit dapat memburuk akibat terkena sinar matahari.

Setelah membaca dampak-dampak paparan sinar UV tentunya kamu wajib menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari bahayanya paparan sinar UV.

BACA JUGA:5 Rahasia Gaya Hidup Sehat Ala Ikigai Jepang Dijamin Pasti Bahagia

 Ini dia 10 manfaat dan pentingnya menggunakan sunscreen untuk kulit!

1. Mencegah Penuaan Dini

Menggunakan sunscreen dapat mencegah penuaan dini, karena sunscreen dapat mempelambat munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan, hingga bintik matahari dan hiperpigmentasi.

2. Membuat Warna Kulit Lebih Merata

Paparan sinar UV yang terlalu lama juga dapat menimbulkan hiperpigmentasi pada kulit. Kondisi ini adalah terjadinya perubahan warna pada kulit secara tidak merata.

3. Mencegah Sunburn

Sunburn adalah iritasi kulit yang disebabkan oleh luka bakar akibat terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung.

Kondisi ini ditandai dengan menipisnya kulit, tejadi pembengkakan, pengelupasan, tampak memar dan terasa gatal.

4. Menjaga Kulit Tetap Elastis

Kulit yang terpapar sinar UV terlalu lama dapat merusak sel kulit hingga kehilangan elastisitas kulit, karena sel kulit yang rusak akan sulit melakukan regenerasi. Maka dari itu sunscreen sangat penting untuk menjaga kulit tetap elastis.

BACA JUGA:WOW! Suzuki Lets Motor Termurah Cuma Rp15 Jutaan Super Irit 1 Liter untuk 66 Km

5. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Sunscreen memiliki kandungan Sun Protection Factor (SPF) tinggi 30 atau lebih mampu memberikan perlindungan terhadap kulit dari paparan sinar ultraviolet A (UV A) dan  ultraviolet B (UV B).

UV A dan UV B merupakan dua jenis UV yang terdapat pada sinar matahari.

Keduanya dapat memicu pertumbuhan kanker kulit apabila sering terpapar sina matahari secara langsung dalam waktu lama. Pemakaian sunscreen  dapat mengurangi risiko kanker kulit.

6. Membuat Kulit Lebih Cerah

Sunscreen memiliki kandungan yang mampu menutrisi kulit dari dalam sekaligus melindunginya dari paparan zat-zat berbahaya dari luar seperti sinar UV. 

Kandungan dari sunscreen tersebut dapat membuat kulit anda menjadi tampak lebih cerah, halus, dan berkilau.

Itulah dampak-dampak dari bahayanya paparan sinar UV pada kulit dan manfaat pentingnya menggunakan suncscreen.

Jika anda ingin merasakan manfaat penggunaan sunscreen, gunakan sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas di luar ruangan, untuk melindungi kulit dari sinar UV. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: