14.000 Pelajar SD-SMP se-Kota Magelang Menari Gundul-Gundul Pacul

14.000 Pelajar SD-SMP se-Kota Magelang Menari Gundul-Gundul Pacul

MENARI. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menari Gundul-Gundul Pacul Bersama 14.000 pelajar dari SD-SMP di Stadion Moch Soebroto, Sabtu (2/9/2023). -Istimewa-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES - Tak kurang dari 14.000 pelajar dari SD-SMP se-Kota MAGELANG serempak menari "Gundul-Gundul Pacul" di Stadion Moch Soebroto kompleks Sport Center Gelora Sanden Kota MAGELANG, Sabtu (2/9/2023).

Mereka menari tradisional Gundul-Gundul Pacul dengan suka cita dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2023 yang jatuh setiap tanggal 23 Juli.

Gundul-Gundul Pacul merupakan salah satu lagu diiringi gerak tari tradisional anak-anak khas Jawa Tengah. Kegiatan tersebut sekaligus untuk memeriahkan Pasar Raya Magelang (PRM) tahun 2023
Sesuai dengan tema HAN 2023 yakni "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" kegiatan ini merupakan wujud perlindungan terhadap anak-anak dari gempuran budaya negatif dengan cara "nguri-nguri" (melestarikan) budaya bangsa.

BACA JUGA:Debit Berkurang, Disperpa Kota Magelang Upayakan Paguyuban Pengelolaan Air Dihidupkan Kembali

"Semoga anak-anak Kota Magelang jadi anak-anak hebat, cerdas dan berbudi mulia. Anak-anak Kota Magelang terbebas dari bully, semuanya punya mental kuat," ujar Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz, saat membuka kegiatan tersebut di Stadion Moch Soebroto, Sabtu (2/9/2023).

Dia juga berpesan kepada para guru dan orangtua selalu mengingat pesan Ki Hajar Dewantara yaitu Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani.

"Kita kalau di depan harus jadi teladan bagi anak-anak kita, kalau kita di tengah harus jadi motivator, dan kalau di belakang kita harus jadi pendorong supaya anak-anak semakin maju. Karena majunya Kota Magelang, majunya Jawa Tengah, dan majunya Indonesia adalah berkat kemajuan anak-anak kita," paparnya.

Dokter Aziz mengajak seluruh elemen masyarakat bersama Pemkot Magelang berkolaborasi demi mewujudkan cita-cita tersebut.

BACA JUGA:Walikota Magelang: Organisasi Kepemudaan Harus Bisa Jadi Detak Kehidupan Kampus

Sebagaimana diketahui, peringatan HAN 2023 merupakan salah satu rangkaian PRM 2023 yang diadakan oleh Pemkot Magelang, 1-10 September 2023. Pesta rakyat terbesar setelah pandemi Covid-19 itu secara resmi dibuka pada Jumat, 1 September 2023 malam.

Pada pembukaan PRM 2023 tersebut, hadir pula Staf Ahli Menteri Koperasi Bidang Ekonomi Rully Naryanto, Walikota dan Wakil Walikota Magelang, pejabat Forkompida, perwakilan UNICEF untuk Jawa dan Bali dan tamu undangan.

Pada acara tersebut diisi dengan berbagai pertunjukan, seni budaya, pesta kembang api, dan Launching Program ATS (Anak Tidak Sekolah).

Rangkaian PRM 2023 merupakan wujud kolaborasi masyarakat dengan Pemkot Magelang serta pelaku usaha demi menumbuhkan ekonomi berkelanjutan. Ratusan pelaku UMKM dari Kota Magelang dan daerah sekitarnya terlibat dalam event tahunan ini. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres