Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung: Fisioterapi Butuh Terus Disosialisasikan

Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung: Fisioterapi Butuh Terus Disosialisasikan

PEMERIKSAAN. Salah satu pasien sedang menjalani pemeriksaan fisioterapi saat program pengabdian masyarakat di Pendopo pengayoman Temanggung kemarin.-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Dian Probowati Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten TEMANGGUNG, mengatakan, fisioterapi menjadi sangat penting pada proses pemulihan usai menjalani perawatan kesehatan, dengan fisioterapi ini bisa mengembalikan gerak dan kelenturan otot untuk mendukung kembali aktivitas.

"Fisioterapi memang harus terus diedukasikan kepada masyarakat, karena memang sangat dibutuhkan,"katanya saat program bakti sosial pengabdian masyarakat Ikatan Fisioterapi Indonesia di Pendopo Pengayoman Temanggung Senin 4 September 2023.

BACA JUGA:Meski Kemarau, Hasil Panen Cabai di Temanggung Masih Stabil

Ia mengatakan, kondisi saat ini sudah terjadi pergeseran penyakit dari infeksi menjadi degeneratif yang sangat perlu pemulihan, salah satu contohnya adalah penyakit struk yang sangat membutuhkan fisioterapi paska perawatan.

Fisioterapi dapat menjadi sarana untuk memulihkan pasien dari berbagai gangguan kesehatan. Para ahli fisioterapi menggunakan pengetahuan dan keterampilannya untuk meningkatkan performa sistem tubuh yang mengalami gangguan.

Ia mengatakan, Kegiatan dalam rangka memperingati hari Fisioterapi Sedunia tersebut meliputi senam bersama, screening kesehatan gerak dan fungsi serta edukasi fisioterapi yang bertujuan memulihkan, memelihara dan memaksimalkan fungsi fisik secara keseluruhan terutama bagi lansia.

"Kami ingin memberi kontribusi pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat. Dalam hal ini kami lebih ke pemeriksaan meski ada tindakan juga. Dengan adanya screening dan konsultasi memberi fasilitas dapat mempermudah masyarakat dalam menindaklanjuti pemeriksaan berikutnya,"katanya.

BACA JUGA:Film Tanah Air Kedua Adu Peran Kim Bum dan Maudy Ayunda

Ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia Cabang Magelang Prapto Widodo menambahkan, fisioterapi adalah profesi di bidang kesehatan yang bertujuan membantu pemulihan pasien dari cedera, sakit, atau disabilitas. Ahli fisioterapi disebut fisioterapis.

Lewat fisioterapi, pasien dibimbing dan dibantu untuk mengembalikan kemampuan fungsional dan gerakannya. Fisioterapis juga bisa memberikan saran dan rekomendasi untuk menghindari cedera dalam aktivitas tertentu, terutama bagi atlet olahraga.

Ia menambahkan, pada program bakti sosial pengabdian masyarakat Ikatan Fisioterapi Indonesia ini diikuti oleh Perwosi dan Khoirunisa Temanggung dengan kegiatan senam bersama, screening kesehatan gerak dan fungsi, sosialisasi fisioterapi.

"Screening tesnya ada 2 tes fukuda untuk pemeriksaan keseimbangan, back stratch untuk pemeriksaan kelenturan,",jelasnya.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres