9+ Pondok Pesantren Terbaik di Kudus, Pantas Dijuluki Kota Santri

9+ Pondok Pesantren Terbaik di Kudus, Pantas Dijuluki Kota Santri

Menara Masjid Kudus memiliki unik arsitektur menggabungkan arsitektur Jawa-Hindu-Islam-TANGKAPAN LAYAR-JATENG PROV

8. Pondok Pesantren Darul Falah 

Pondok ini didirikan oleh H. Ahmad Basyir pada tahun 1970H. "Darul Falah" sendiri terbagi dari dua kata yaitu "darul" yang berarti rumah dan "falah" yang berarti beruntung. Sehingga "Darul Falah" dapat dimaknai sebagai rumah keberuntungan.

Darul Falah Kudus memiliki 4 komplek yang diberi nama Darul falah I, II, III, dan IV. Darul falah I dan II dikhususkan bagi santri laki-laki sedangkan darul falah III, dan IV dikhususkan bagi santri perempuan.

9. Pondok Pesantren Al-Qoumaniyyah (Mbareng )

Pesantren Al-Qaumaniyah pada awalnya lebih dikenal dengan sebutan Pesantren Bareng, pondok ini terletak di Dukuh Jekulo, Kecamatan Jekulo. tepatnya berada di Jl. Sewonegoro 03 Jekulo Kauman, Jekulo Kabupaten Kudus.

Pondok ini didirikan oleh Mbah Yasin pada tahun 1918H. Awal mula Mbah Yasin mendirikan pondok ini didasari dari saran guru beliau yaitu Mbah Sanusi yang melihat antusias anak-anak yang ingin belajar agama Islam pada masa itu.

Hingga saat ini, santri pondok tidak hanya berasal dari daerah Jekulo saja namun banyak dari luar daerah maupun luar kota yang  nyantri disini. Banyak juga kalangan mahasiswa yang kuliah dan sekaligus mencari ilmu agama di Pondok Pesantren Al-Qoumaniyyah.

Itulah 9 pondok pesantren terbaik di Kabupaten Kudus. Dapat Anda jadikan referensi dan pilihan jika ingin memondokkan anak tercinta di Kota Santri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: