3 Makanan Khas Temanggung yang Unik dan Patut Dicoba, Apa Saja?

3 Makanan Khas Temanggung yang Unik dan Patut Dicoba, Apa Saja?

Memiliki Nama Unik! Ini dia 3 Makanan Khas Temanggung yang Patut Dicoba!-Instagram @balungkuwukenak-

2. Ndas Borok

Bagi masyarakat Jawa nama Ndas Borok berarti kepala yang busuk atau sedang sakit gatal parah. Memiliki nama yang cukup unik, tetapi Ndas Borok ini merupakan makanan khas Temanggung yang cukup disukai banyak kalangan.

Ndas Borok merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang memiliki cita rasa gurih manis, dengan parutan kelapa dengan taburan gula aren.

Bentuknya yang mirip borok di kepala membuatnya nama Ndas Borok ini tercipta.

BACA JUGA:Sensasi Sambal Hitam Mie Ayam Sekar Langit, Satu-satunya di Magelang

Sejarah mengenai Ndas Borok ini memiliki cerita tersendiri bagi masyarakat setempat. Dahulu banyak penduduk yang hendak naik ke Gunung Sumbing.

Akan tetapi penduduk yang akan naik tidak diperbolehkan membawa nasi, sehingga mereka membawa singkong untuk penggantinya. 

Tiap satu porsi Ndas Borok berharga Rp10.000 sampai dengan Rp15.000. Jangan lupa untuk mencoba kenikmatan dari Ndas Borok ketika Anda berkunjung ke Temanggung.

BACA JUGA:Nikmatnya Mie Ongklok! Kuliner Khas Wonosobo

3. Ketan Gudig

Ketan Gudig merupakan makanan khas dan tradisional Temanggung yang berasal dari bahan ketan di campur dengan kacang geladang.

Dengan warnanya yang ekstrim putih mulus yang bertotol-totol coklat yang akan mengingatkan Anda pada penyakit kulit koreng atau gudig dalam bahasa jawanya. 

Makanan tersebut termasuk salah satu jenis makanan yang dihidangkan pada saat hajatan di Temanggung. Selain itu masyarakat Temanggung juga sering menikmati hidangan ini sebagai teman minum kopi atau teh.

Berikut merupakan rekomendasi makanan khas Temanggung yang memiliki nama unik. Selamat mencoba! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: