Menelusuri Sejarah di Monumen Meteorit Wonotirto Temanggung, Destinasi Wisata Gratis dan Edukatif

Menelusuri Sejarah di Monumen Meteorit Wonotirto Temanggung, Destinasi Wisata Gratis dan Edukatif

Menelusuri Sejarah di Monumen Meteorit Wonotirto Temanggung, Destinasi Wisata Gratis dan Edukatif -hsw-Tangkapan layar Google maps

MAGELANGEKSPRES - Monumen Meteorit Wonotirto adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berkeliling ke Kabupaten Temanggung. Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa bersejarah jatuhnya meteor di Desa Wonotirto Temanggung.

Monumen ini terletak di lereng gunung Sumbing tepatnya di Dusun Wunut, Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jaraknya dari alun-alun ke monumen hanya sekitar 13 km dengan waktu tempuh kira-kira selama 24 menit.

Monumen Meteorit Wonotirto selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik pada hari biasa maupun pada hari libur.

BACA JUGA:Gak Selamanya Membosankan! Tumurun Museum Solo Punya Karya Seni Kelas Dunia Kesukaan Artis, Intip Koleksinya

Tidak hanya karena sejarahnya yang unik, tetapi juga karena pemandangan alam yang menakjubkan. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mengunjungi Temanggung.

Monumen Meteorit Wonotirto didirikan oleh pemerintah Kabupaten Temanggung dan diresmikan oleh Bupati Temanggung Sardjono pada 18 Februari 2002. Hal itu bertujuan untuk mengenang jatuhnya meteor di Desa Wonotirto pada Jumat, 11 Mei 2001, sekitar pukul 9 pagi.

Saat itu, belasan penduduk sedang bekerja di ladang tembakau, tiba-tiba mereka terkejut oleh suara gemuruh yang diikuti oleh ledakan keras. Dua benda asing jatuh dari langit.

Setengah jam kemudian, meteorit kedua jatuh di jalan, sekitar 1 kilometer dari pemukiman penduduk. Meteorit tersebut kemudian dibawa ke Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta untuk penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:5 Potret Keseruan Jelajah Lembah Semurup Yang Jadi Agenda Wajib Wisata Dieng Cuma 20 Menit Dari Museum Kailasa

Monumen ini menjadi salah satu objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu, lokasinya yang berada di lereng Gunung Sumbing memberikan pemandangan alam yang indah dan udara pegunungan yang sejuk dan menyegarkan membuat tempat ini semakin menarik.

Tak hanya itu, di sekitar monumen juga terdapat agrowisata buah dan sayur berlatar Gunung Sumbing yang menambah daya pikat wisatawan dengan adanya tempat wisata ini.

Ada banyak hal seru tentunya yang bisa kamu temukan di Monumen Meteorit Wonotirto.Di sekitar area monumen, kamu bisa menemukan taman terbuka yang asyik banget buat kamu dan keluarga untuk bersantai dan me-refresh diri.

Lebih serunya lagi, ada kolam renang dengan latar belakang pegunungan yang pastinya bakal bikin kamu betah berlama-lama di sana.

Bukan cuma itu, di Monumen Meteorit Wonotirto juga ada taman satwa yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Meskipun jumlahnya belum banyak, tapi taman satwa ini bisa jadi sarana edukasi yang seru banget.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres