5 Fakta Menarik Seputar Gunung Andong, Mulai dari Menikmati Sunrise Hingga Wisata Religi

5 Fakta Menarik Seputar Gunung Andong, Mulai dari Menikmati Sunrise Hingga Wisata Religi

5 Fakta Menarik Seputar Gunung Andong, Mulai dari Menikmati Sunrise Hingga Wisata Religi-Indah Cahyasari-Magelang Ekspres

MAGELANGEKSPRES -- Mendaki gunung adalah kegiatan yang menawarkan banyak kenikmatan dan pengalaman tak terlupakan. Bagaimana tidak gunung memiliki panorama yang indah, mulai dari pemandangan padang rumput yang hijau, matahari terbit, tebing-tebing curam hingga pohon yang menjulang tinggi selalu menemani perjalanan menuju puncak.

Selain itu banyaknya pasokan oksigen yang ada di gunung juga membuat para pendaki merasa lebih relax dan segar. Aktivitas naik gunung selalu menjadi favorit bagi para pencinta alam.

Namun buat Kamu para pemula, penting untuk memulai pendakian dari gunung yang memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Salah satunya adalah Gunung Andong. Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Puncak tertinggi Gunung Andong berada pada ketinggian sekitar 1.726 meter di atas permukaan laut.

Setelah mengehui fakta tersebut apakah Kamu tertarik mendaki Gunung Andong? Berikut informasi seputar Gunung Andong yang wajib Kamu ketahui sebelum mendaki:

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Madyogondo Ngablak Magelang, Desa Dengan Pesona Spektakuler Di Kaki Gunung Andong

Jalur pendakian 

Jalur pendakian Gunung Andong dapat dicapai dalam waktu yang relatif singkat, namun waktu tempuhnya tergantung pada jalur pendakian yang dipilih. Adapun jalur pendakian yang tersedia diantaranya:

  • Jalur pendakian via Sawit: Jalur pendakian lewat Sawit merupakan jalur yang paling sering digunakan oleh para pendaki. Jalur ini memiliki jarak tempuh sekitar 3,5 km dan membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk mencapai puncak. Jalur pendakian ini terbilang cukup landai dan mudah dilalui oleh para pendaki. Selama perjalanan Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus yang indah
  • Jalur pendakian via Gugik: Jalur pendakian ini memiliki jarak tempuh sekitar 4 km dan membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk mencapai puncak. Jalur pendakian via Gugik tergolong cukup menantang, namun memiliki pemandangan hutan lebat dan beberapa sungai kecil.
  • Jalur pendakian via Pendem: Jalur pendakian melalui Pendem memiliki jarak tempuh sekitar 4,5 km dan membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk mencapai puncak. Jalur pendakian via Pendem memiliki medan yang cukup berat karena memiliki banyak tanjakan dan turunan yang curam.

BACA JUGA:Benarkah Gunung Tidar Adalah Titik Tengahnya Pulau Jawa? Faktanya Ternyata Begini!

Keindahan Gunung Andong

Gunung Andong menyuguhkan pemandangan pegunungan yang memanjakan mata. Dari puncak Gunung Andong, para pendaki dapat melihat keindahan panorama Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing.

Di sepanjang jalur pendakian Gunung Andong terdapat hutan pinus yang indah dan menyejukkan. Selain itu terdapat pula beberapa sumber air di dapat diminum oleh para pendaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: