8 Cara Mengobati Kutu Air dengan Bahan-Bahan Sederhana yang Ada di Rumah

8 Cara Mengobati Kutu Air dengan Bahan-Bahan Sederhana yang Ada di Rumah

8 Cara Mengobati Kutu Air dengan Bahan-Bahan Sederhana yang Ada di Rumah-Kurt Pacaud-Canva

MAGELANGEKSPRES -- Kutu air atau yang juga dikenal sebagai tinea pedis adalah infeksi jamur yang menyebabkan rasa gatal di antara jari-jari kaki.

Masalah ini sering muncul ketika kaki terbungkus kaus kaki atau sepatu dalam keadaan berkeringat atau lembap. Keadaan ini memicu pertumbuhan jamur yang membuat kulit kaki terasa gatal, muncul ruam, mengelupas, dan bersisik.

Meskipun kutu air tidak berbahaya, namun masalah pada kulit kaki ini dapat menular melalui pakaian, lantai, atau handuk yang terkontaminasi.

Oleh karena itu, penting untuk mengatasi infeksi jamur pada kaki ini dengan menggunakan bahan-bahan rumahan yang tersedia. Berikut adalah daftar bahan-bahan tersebut:

BACA JUGA:10 Merek Minuman Kolagen yang Ampuh Mencerahkan Kulit dalam 6 Hari

1.Baking soda

Baking soda efektif dalam mengurangi gatal dan membunuh jamur pada kaki. Campurkan baking soda dengan air hangat dan rendam kaki Anda selama beberapa waktu sebelum dibilas. 

2. Minyak tea tree

Minyak tea tree memiliki sifat antijamur dan antiseptik yang dapat membantu mengatasi infeksi jamur pada kaki. Oleskan beberapa tetes minyak tea tree pada kulit yang terinfeksi beberapa kali sehari.

3. Jahe

Jahe memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur pada kaki. Parut jahe segar dan campurkan dengan air hangat. Rendam kaki Anda dalam larutan jahe ini selama beberapa waktu. 

BACA JUGA:Mudah Dilakukan! 10 Tips Merawat Kulit Tetap Sehat dan Awet Muda

4. Merendam Kaki dalam Teh Hijau 

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di National Library of Medicine pada tahun 2013, kutu air dapat diobati dengan merendam kaki dalam teh hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: