Seniman Vietnam Pelajari Budaya Temanggung

Seniman Vietnam Pelajari Budaya Temanggung

SALAM. PJ Bupati bersama seniman dari negara Vietnam melakukan salam kuda lumping dari Temanggung.-foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres-magelangekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Beranekaragam ya kesenian dan Kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Temanggung, menjadi salah satu alasan bagi negara Vietnam melakukan kunjungan ke Kabupaten setempat Sabtu akhir pekan kemarin.

Kedatangan seniman dari negara Vietnam ini melakukan audensi akan keunikan budaya dan kesenian yang ada di Kabupaten Temanggung, mereka datang bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Selain diterima langsung oleh PJ Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo, puluhan seniman dan budayawan perwakilan dari seluruh pelaku seni di Temanggung juga ikut bersama hadir dalam audensi tersebut.

BACA JUGA:Harga Cabai di Temanggung Semakin Membaik

"Kita patut bangga dengan budaya dan seni yang kita miliki, karena hanya ada dua daerah yang dikunjungi," kata PJ Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo.

Ia menyebutkan, pada program residensi ini, hanya ada dua kota yang berkesempatan menjadi lokus selama 20 hari, yaitu Padang Pariyaman dan Temanggung.

"Kita punya banyak kesenian dan kebudayaan, bahkan setiap hari bisa dipastikan ada masyarakat yang menggelar kesenian,"jelasnya.

Disebutkan, bersama pelaku seni budaya dari Vietnam dalam rangka Residensi Budaya Asing  bersama 3 pelaku seni budaya asing, Nguyen Hai Yen (Red), Lam Duy Phuong (Kim), dan Ha Thuy Hang (Hung) yang tertarik mendalami seni budaya Jaran Kepang dan Wayang Kedu.

BACA JUGA:Kemarau, Potensi Panen di Temanggung Capai 380 Hektare

Berdasarkan penilaian Kemendikbudristek, Kabupaten Temanggung dinilai memiliki pelaku budaya yang aktif, dukungan pemerintah pada kebudayaan, dan memiliki kekayaan budaya yang melimpah. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres