Orang yang Bangkrut di Hari Kiamat, Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Ternyata Penyebabnya Ini

Orang yang Bangkrut di Hari Kiamat, Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Ternyata Penyebabnya Ini

Orang yang Bangkrut di Hari Kiamat, Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Ternyata Penyebabnya Ini--

MAGELANG EKSPRES - Kelak ada orang-orang yang bangkrut pada hari kiamat. Mereka datang dengan membawa pahala bergunung-gunung yang dikumpulkan dari shalat, puasa, zakat, sedekah dan amalan-amalan kebaikan lainnya.

Namun gara-gara menzalimi orang lain maka pahala kebaikan itu diberikan pada orang yang dizalimi.
Kalau pahala kebaikan itu habis sebelum menutup kewajiban-kewajibannya maka akan diambil dari dosa-dosa orang yang dizalimi.

Kemudian orang yang zalim itu akan dilempar ke dalam neraka.

Ustadz Syafiq Riza Basalamah dalam kajian Grup Islam Sunnah (GIS) menyebutkan sebuah hadist, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda, "Apakah kalian tahu, siapakah orang yang bangkrut itu?" Para sahabat menjawab, "Orang yang bangkrut di antara kami adalah orang yang tidak mempunyai dirham dan tidak pula harta benda."

BACA JUGA:Utang Menghalangi Orang Masuk Surga, Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah yang Mati Syahid pun Tertunda...

Beliau menjelaskan, "Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa dan zakat, tetapi dia juga telah mencela Fulan, menuduh Fulan, memakan harta Fulan, menumpahkan darah si Fulan, serta memukul Fulan.

Dan pahala kebaikannya diberikan kepada Fulan ini dan kepada yang itu. Lalu jika pahala kebaikannya sudah habis sebelum menutupi kewajiban-kewajibannya, maka akan diambil dari dosa-dosa mereka atau orang-orang yang dizaliminya dan dilemparkan kepadanya. Setelah itu dia dilemparkan ke dalam neraka." (HR. Muslim)

"Nih, ada orang yang bangkrut. Kalau bangkrut di dunia, ya.. seorang bisa bekerja kembali.
 Mungkin dia dulu orang kaya, tahu-tahu dirampok. Dia punya toko, hartanya terbakar, dia jatuh miskin. Mungkin dia satu, dua, tiga tahun jadi kaya lagi," ungkapnya.

Dalam hadits ini Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam ingin menjelaskan orang yang bangkrut dalam pandangan Islam.

Ada pun orang yang bangkrut (pailit) dari kalangan umatnya adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala yang banyak,  yakni dari shalat, puasa, zakat serta amal-amal kebajikan lainnya.

BACA JUGA:Kisah Orang Mati Syahid Harus Mampir ke Neraka, Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah, Gara-gara Ini

Pahalanya ini seperti gunung-gunung. Namun pahala tersebut hanya dijadikan debu yang berterbangan karena tidak ikhlas.

"Ini orang ikhlas, hablumminallah-nya baik, tapi dia punya masalah. Dia bawa pahala banyak, ternyata orang ini telah melakukan kesalahan kepada orang lain. Maka, dia bisa menjadi orang yang bangkrut karena pahala banyak yang mereka kumpulkan itu akan habis untuk menutup kesalahan yang dilakukan pada orang lain," jelasnya.

Orang-orang yang Bangkrut di Hari Kiamat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: