Inspirasi Saat Mengunjungi Museum OHD, Eksplorasi Karya Seni dengan Lebih Kekinian

Inspirasi Saat Mengunjungi Museum OHD, Eksplorasi Karya Seni dengan Lebih Kekinian

Gambar Museum OHD-Martin Nyan/Den Jo-Tangkapan layar Google maps

MAGELANGEKSPRES -- Museum adalah destinasi yang seru untuk berwisata. Salah satu museum di Kota Magelang yang bisa menjadi pilihan wisatamu adalah Museum OHD. Museum ini sangat cocok untuk semua orang terutama kamu yang memiliki jiwa seni tinggi.

Jangan berpikir berwisata ke museum membosankan ya! Justru banyak hal yang bisa dieksplor di sini. Ada banyak koleksi yang bisa ditemukan di sini, seperti lukisan, pahatan, patung, dan instalasi seni lainnya.

Museum OHD Magelang ini sebenarnya adalah museum pribadi miliki seorang kolekor lukisan ternama, yaitu Oei Hang Djien atau OHD. Singkatan nama tersebut dijadikan sebagai nama museum ini.

Museum OHD terletak di pusat Kota Magelang, tepatnya di Jalan Jenggolo 14 Magelang Tengah, Kota Magelang. Letaknya hanya 5 menit dari Alun-alun Kota Magelang yang ikonik itu.

Koleksi yang ada di museum OHD ini sudah mulai dibuat sejak tahun 1970-an. Mulanya, pada 1997 museum ini dibangun untuk menyimpan koleksi lukisan dari OHD, sang kolektor lukisan lulusan studi spesialisasi kedokteran di Holland itu.

Kemudian, OHD pun ingin memperkenalkan karya seni rupa hasil kreativitas anak bangsa yang begitu kaya keindahannya ke seluruh penjuru dunia. Maka dari itu, tempat penyimpanan koleksi lukisan tersebut dibuat menjadi museum seni.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Museum di Kota Magelang, Nomor 5 Punya Koleksi Senjata Terlengkap

Saat ini, Museum OHD telah memiliki lebih dari 2000 karya seni yang mana banyaknya karya tersebut merupakan karya seni dari anak-anak bangsa. Untuk kamu yang cinta seni, pasti kamu akan merasa senang sekali berwisata ke sini.

Beberapa karya tersebut bahkan dibuat oleh seniman-seniman besar seperti Affandi, S.Sudjojono, Hendra Gunawan, Widayat, dan Soedibio. Tak hanya itu, karya seni tersebut juga dibuat oleh seniman-seniman baru. Kreativitas mereka andil dalam kesuksesan museum ini.

Uniknya lagi, koleksi di museum OHD ini bukan hanya dari bahan baru melainkan juga dari bahan bekas.

Museum OHD pernah mendapatkan MURI pada 2012 dalam kategori udang Tembakau yang Menjadi Museum dengan koleksi Lukisan Indonesia Terlengkap Mewakili Setiap Periode.

Di museum OHD ini banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmatinya sebagai destinasi wisata. Dijamin pengunjung akan puas dan tidak bosan.

1. Wisata Sambil Belajar

Pertama, di museum OHD ini, selain berwisata kamu bisa belajar terutama mengenai kesenian dan kreativitas di tiap koleksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: