Ini Bedanya Oli Mesin dan Oli Gardan dan Waktu Ideal Untuk Menggantinya

Ini Bedanya Oli Mesin dan Oli Gardan dan Waktu Ideal Untuk Menggantinya

Ini Bedanya Oli Mesin dan Oli Gardan dan Waktu Ideal Untuk Menggantinya--Canva

MAGELANGEKSPRES – Ada dua jenis oli yang perlu diperhatikan oleh pengguna kendaraan bermotor, yakni oli mesin dan oli gardan.

Apa bedanya? dan kapan harus mengganti oli tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

Sebagian dari kamu mungkin mengetahui bahwa penting untuk mengganti oli kendaraan secara berkala, tetapi banyak yang belum tau bahwa ada beberapa jenis oli yang dibutuhkan oleh kendaraan bermotor kesayangan kamu, yakni oli mesin dan oli gardan. Lalu apa bedanya? Ini dia!

BACA JUGA:Simak 12 Tips Irit BBM Motor Matic Bikin Kantong Irit Gak Keluar Banyak Duit, Ojol dan Kurir Wajib Coba!

1. Fungsi Oli

Kedua jenis oli ini tentu memiliki fungsi yang berbeda. Apa itu oli mesin? Oli mesin adalah pelumas yang ditujukan untuk meminimalisir gesekan pada mesin-mesin kendaraan bermotor.

Agar kendaraan bisa berjalan, mesin-mesin di dalamnya saling bekerja dengan cara bergesekkan satu sama lain. Gesekkan yang terjadi mampu menciptakan suhu tinggi dan berpotensi menimbulkan percikan api.

Maka dari itu oli mesin perfungsi untuk melumasi mesin agar tidak ada percikan api.

Lalu apa fungsi oli gardan? Sesuai namanya, oli gardan berfungsi sebagai pelumas kontak gigi yang berada di box gardan.

Saat kendaraan sedang digunakan, akan terjadi gesekan antar komponen mesinnya, termasuk komponen gardan. Di sinilah peran oli dibutuhkan untuk meminimalisasi gesekan dinamis yang keras pada komponen gardan.

Oli gardan juga memberikan efek pendinginan sehingga kendaraan bisa berjalan dengan mulus. Selain itu, jenis oli ini juga mampu mencegah munculnya suara berisik pada kendaraan.

BACA JUGA:Ternyata ada sepeda listrik Seharga Rp 2 Jutaan? Berikut Penjelasan Merek dan Spesifikasinya!

2. Tampilan Oli

Kedua oli ini meskipun sekilas mirip tetapi memiliki mesin tampilan yang berbeda. Oli mesin baru umumnya memiliki warna transparan dengan rona kuning yang nantinya bisa berubah menggelap seiring pemakaiannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: