Fakta-fakta Wonosobo Dijuluki Negeri di Atas Awan dan Destinasi Wisatanya yang Sayang untuk Dilewatkan

Fakta-fakta Wonosobo Dijuluki Negeri di Atas Awan dan Destinasi Wisatanya yang Sayang untuk Dilewatkan

Fakta-fakta Wonosobo Dijuluki Negeri di Atas Awan dan Destinasi Wisatanya yang Menakjubkan--

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES -- Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, juga dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan. Hal ini dikarenakan wilayahnya yang terletak di dataran tinggi.

Menurut informasi yang tertera di situs resmi Pemerintah Kabupaten Wonosobo, topografi Wonosobo terdiri dari perbukitan dan pegunungan.

Lebih dari separuh, yaitu sekitar 56,37 persen, dari perbukitan dan pegunungan di Wonosobo memiliki kemiringan antara 15 hingga 40 persen.

Wonosobo terletak di ketinggian antara 200 hingga 2.250 meter di atas permukaan laut (mdpl). Mayoritas wilayahnya berada pada kisaran ketinggian 500 hingga 1.000 mdpl, mencakup 50 persen dari total luas wilayahnya. Keberadaan geografis ini menjadikan Wonosobo dikenal sebagai daerah dataran tinggi.

BACA JUGA:Mata Air Ndas Gending yang Jadi Wisata Gratis di mertoyudan Magelang !

Kabupaten Wonosobo memiliki udara yang cukup dingin dan sering diselimuti kabut, terutama pada malam hari.

Oleh karena itu, banyak orang menyebut Wonosobo sebagai negeri di atas awan karena sebagian besar wilayahnya kerap tertutup kabut.

Wonosobo memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Pada tahun-tahun sebelumnua, Wonosobo mengalami curah hujan yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Selain Nepal Van Java, Kaliangkrik Punya Curug Kembang Selawe yang Jadi Wisata Alam Gratis !

Namun, pada tahun 2023 ini Wonosobo juga terdampak kemarau panjang. Bahkan, hingga pertengahan November 2023, curah hujan di Wonosobo masih terbilang rendah.

Wonosobo memiliki julukan destinasi wisata negeri diatas awan. Hal ini karena di kawasan Wonosobo, terutama Dieng berada di dataran tinggi.

Tak ayal jika wisata Wonosobo memiliki karakteristik suasana pegunungan dan kesejukan udaranya.

BACA JUGA:Wisata Purworejo Terbaru, Curug Muncar dengan Segala Keindahan dan Kesegaran Airnya

Selain keindahan alam yang memukau, Negeri di atas awan Wonosobo juga menawarkan beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik bagi para pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: