Berwisata ke Goa Putri Kencana di Wonogiri, Goa Karst yang Pernah Disinggahi Putri Kerajaan

Berwisata ke Goa Putri Kencana di Wonogiri, Goa Karst yang Pernah Disinggahi Putri Kerajaan

Berwisata ke Goa Putri Kencana di Wonogiri, Goa Karst yang Pernah Disinggahi Putri Kerajaan--Tangkapan layar Google maps

MAGELANGEKSPRES -- Goa Putri Kencana merupakan salah satu dari sekian banyaknya goa karst yang ada di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Goa Putri Kencana ini termasuk dalam teritori karst Gunung Sewu. Goa ini cocok untuk menjadi destinasi wisata goa pilihanmu saat berkunjung ke Wonogiri. 

Goa Putri Kencana terletak di Dusun Wonosobo RT 3 RW 1, Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Lokasi goa ini hanya berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Wonogiri.

Jarak yang relatif jauh tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 45 hingga 1 jam perjalanan. Jalan menuju lokasi pun bisa dikatakan cukup memadahi insfrastrukturnya.

BACA JUGA:Ada Goa Purba Menoreh Magelang, Pesona Surga Bawah Tanah Bukit Menoreh

Goa ini memiliki panjang lorong 121 meter, dengan lebar 4 meter dan tinggi 4 meter. Menurut berbagai sumber, Goa Putri Kencana ditemukan pertama kalinya pada tahun 1991 oleh seorang pencari batu lintang dari Dusun Wonodadi.

Saat ini, Goa Putri Kencana menjadi objek wisata yang dibukak untuk umum. Jika tertarik untuk mengunjungi, kamu bisa datang ke lokasi pada pukul 08.00 WIB - 15.30 WIB. 

Untuk menikmati wisata goa putri kencana, kamu bisa membayar tiket masuk seharga Rp5.000 saja. Harganya terjangkau kan?

Di sini pun kamu bisa melihat betapa unik dan menariknya goa ini. Kamu juga bisa melihat sejuknya view sekitar goa yang banyak ditumbuhi pepohonan rindang.

Selain menyuguhkan keindahan pemandangan stalagtit dan stalagamit di dalamnya, goa ini juga terkenal kental dengan mitosnya, di mana dikatakan goa ini dulunya adalah tempat tinggal Putri Kencana Wungu.

BACA JUGA:Mitos Goa Pindul Gunungkidul, Goa Terlarang Bagi Siapapun yang Ingin Masuk di Dalamnya

Konon, nama Goa Putri Kencana diambil dari nama seorang putri kerajaan, yakni Putri Kencono Wungu. Menurut sejarah, Putri Kencana Wungu merupakan seorang putri dari kerajaan  Majapahit yang berkelana di wilayah goa ini berada.

Goa Kencana Wungu yang dikenal menjadi saksi bisu perjalanan Putri Kencana Wungu pada zaman dahulu ini, lokasinya cukup luas. Dari luasnya goa ini, ternyata goa ini memiliki 7 ruang dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut nama beserta fungsi ruangan di Goa Putri Kencana: 

- Ruang Tamu, ruang ini terletak di bagian goa paling luar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: