Ratusan Pengawas di Temanggung Ikuti Apel Siaga, Netralitas ASN dan Medsos Berpotensi Jadi Pelanggaran

Ratusan Pengawas di Temanggung Ikuti Apel Siaga, Netralitas ASN dan Medsos Berpotensi Jadi Pelanggaran

KENTONGAN. Jajaran Bawaslu Kabupaten Temanggung membunyikan kentongan saat apel di halaman gedung Pemuda Rabu.-foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres-magelangekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES - Jajaran Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Temanggung, siap melakukan pengawasan jalannya tahapan Pemilu 2024, sehingga pemilu berjalan sukses tanpa ekses.

Kesiapan tersebut disampaikan oleh ketua Bawaslu Kabupaten Temanggung Rony Nefriyadi usai melaksanakan apel siaga pengawasan tahapan kampanye bersama forkopimda dan 349 panwas kecamatan hingga desa di Gedung Pemuda, Temanggung Rabu 21 Nopember 2023.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan pemetakan kerawanan Pemilu, dengan langkah ini bisa meminimalisir terjadinya pelanggaran Pemilu.

BACA JUGA:Buntuti Korban Lalu Ditabrak, Spesialis Pencuri Nasabah Bank Dibekuk polres Temanggung

Ia menyebutkan terdapat sejumlah kerawanan di Pemilu  2024 mendatang, seperti netralitas ASN, hingga konten-konten negatif dalam media sosial. Selain akan bertindak tegas terhadap pelanggaran-pelanggaran yang ditemui, bawaslu juga membentuk tim siber yang akan memantau konten-konten di media sosial (medsos).

"Kerawanan tersebut merupakan tantangan yang harus kita hadapi, salah satunya dengan terus berkoordinasi dengan pengawas kecamatan dan desa. di antara kerawanan dalam proses kampanye adalah netralitas ASN, penggunaan fasilitas negara, politik uang, ujaran kebencian, politisasi sara, dan konten-konten negatif dalam media sosial", katanya.

Roni menyebut, saat ini di Temanggung juga sudah dibentuk tim cyber, dimana koordinatornya sebanyak empat orang yang didalamnya adalah alumni pendidikan pengawas partisipatif (P2P), serta mengajak anak-anak muda untuk ikut mengawal demokrasi agar pemilu mendatang berjalan aman, sukses dan kondusif.

"Kita mengajak anak-anak muda yang berniat mengawal demokrasi, lebih fokusnya di media sosial, untuk ikut serta dalam relawan patroli cyber. Mereka akan membuat medsos relawan patroli cyber. Jika SDMnya terbentuk sampai di level desa, mereka akan mengamati konten-konten internet yang terkait dengan ujaran kebencian, hoak, dan lainnya. Relawan cyber akan mendapat bekal materi pemahaman tentang kepemiluan seperti pengawasan", tambahnya.

BACA JUGA:Pemdes di Temanggung Diminta Cermati RPD

Pihaknya berharap agar semua peserta pemilu dapat mengikuti regulasi dan aturan yang sudah ditetapkan, baik dari PKPU maupun perbawaslu. Karena kalau ditemukan pelanggaran, bawaslu akan menindak secara tegas.

Sementara itu Pejabat Bupati Hary Agung Prabowo berharap agar seluruh partai kontestan pemilu mentaati aturan regulasi yang telah ditentukan. Mulai proses kampanye sampai selesai.

Hary juga mengatakan netralitas ASN dalam pemilu mendatang, jika mendapati laporan ketidak netralan ASN pihaknya juga akan menindaklanjuti hasil dari bawaslu dengan mengambil langkah-langkah untuk tindak lanjut administrasi.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres