Ingin Mendaki Gunung Sumbing? Ini Beberapa Rute yang dapat Kamu Pilih

Ingin Mendaki Gunung Sumbing? Ini Beberapa Rute yang dapat Kamu Pilih

Gunung Sumbing-Marvel Aprilian-google maps

Jalur pendakian Garung disarankan bagi kamu yang mendaki Gunung Sumbing untuk pertama kalinya. Jalur Garung dinilai lebih bersahabat dikarenakan lokasinya populer dan mudah dijangkau.

Jalur ini selalu menjadi favorit pendaki Gunung Sumbing, jadi jangan khawatir kamu akan kesepian. Basecamp di jalur ini berada dipinggir jalan sehingga mudah untuk ditemukan.

Khusus kamu yang melewati perbatasan antara Temanggung dan Wonosobo, nanti kamu akan menemukan plang dengan tulisan Garung Base. Estimasi waktu untuk mencapai puncak sekitar 8-9 jam melalui jalur ini.

Diperlukan 3 pos terdepan dengan waktu tempuh 3,5 jam dan 5 jam untuk mencapai puncak. Namun balik lagi tergantung kecepatanmu dalam mendaki. 

BACA JUGA:Mengenal Goa Selarong Tempat Persembunyian Pangeran Diponegoro dan Pasukannya yang Kini Jadi Destinasi Wisata

Jalur Pendakian Bowongso.

Jalur Pendakian ini sangat populer dikalangan pendaki Gunung Sumbing yang sudah beberapa kali sampai ke puncak. Bagi pemula, jalur ini tidak disarankan karena jalur ini sepi.

Rute jalur ini tergolong ekstrem dikarenakan adanya beberapa rintangan dan tantangan yang cukup berat. Untuk mencapai basecamp pendakian ini, kamu cukup pergi ke terminal Mendolo, Wonosobo menuju Pasar Kertek.

Dari sini, kamu bisa menuju Basecamp Bowongso. Estimasi waktu untuk mencapai puncak sekitar 7 jam.

Jalur Pendakian Mangli Kaliangkrik atau Dusun Butuh

Buat kamu yang pengen mendaki Gunung Sumbing dengan waktu yang cepat, jalur ini bisa kamu pilih. Jalur pendakian Mangli dikenal dengan jalur pendakian Gunung Sumbing paling cepat.

Berada di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, membuat jalur ini sering menjadi pilihan utama pendaki meskipun memang kurang terkenal.

Kamu juga bisa menempuh basecamp dengan menggunakan ojek dari Desa Kalegen untuk mempersingkat tenaga dan waktu. Kamu akan melewati sekitar 4 pos selama 4 jam perjalanan.

Hanya membutuhkan waktu 6-7 jam untuk kamu mencapai puncak Gunung Sumbing melalui jalur ini.

BACA JUGA:3 Kuliner di Klaten yang Wajib Dicoba, Rasakan Kelezatan Ragam Kuliner Klaten yang Lezat dan Mantap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: