Berbeda dengan Biasanya, Penjualan UMKM Candi Mendut Jelang Libur Akhir Tahun Ini Belum Naik

Berbeda dengan Biasanya, Penjualan UMKM Candi Mendut Jelang Libur Akhir Tahun Ini Belum Naik

SEPI. UMKM di area Candi Mendut-Hendri Saputra/Magelang Ekspres-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Tingkat kunjungan wisatawan di Candi Mendut belum menunjukkan adanya peningkatan pada menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024 ini. Intensitas kunjungan wisatawan masih sama seperti pada hari-hari biasanya.

Kondisi seperti ini, cukup memberi dampak pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di area Candi Mendut yang masih belum mengalami kenaikan pendapatan.

Salah satu pelaku UMKM di area Candi Mendut, Nur, membenarkan bahwa intensitas wisatawan masih sama seperti di hari-hari biasanya.

BACA JUGA:SBY Bakal Nobar Debat Capres-Cawapres dari Magelang

“Iya, belum ada kenaikan pendapatan yang signifikan,” ujar Nur kepada wartawan, kemarin.

Nur yang merupakan penjual aksesoris dan oleh-oleh dari Candi Mendut ini menerangkan bahwa ketika hari-hari biasa itu, ramenya saat ada rombongan dari siswa-siswi yang studi tur.

“Biasanya kalo hari-hari biasa pas rame itu ya rombongan anak-anak SMP atau SMA yang mampir ke sini, itu penjualan pasti naik,” imbuhnya.

Nur juga menjelaskan bahwa sekarang setelah pandemic Covid-19 melanda, para siswa study tour sudah mulai jarang yang memiliki agenda ke area Candi Mendut.

“Setelah covid sudah mulai jarang, biasanya malah cuman lewat saja, kalo dulu banyak, setelah Covid jadi lumayan menurun,” imbuhnya.

Perempuan berusia 43 tahun itu menyebutkan kalua biasanya sekitar 10 hari sebelum tahun baru sudah mulai banyak wisatawan dan omset penjualannya mengalami kenaikan.

BACA JUGA:Harga Cabai Tambah Pedas, Dispaperkan Wonosobo Prediksi Melambung Lebih Tinggi Lagi

“H-10 hari sebelum tahun baru biasanya mengalami kenaikan penjualan, karena beberapa sekolah sudah libur, jadi banyak keluarga atau anak-anak remaja yang ke sini,” ujarnya. (mg6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres