Doa yang Mustajab di Hari Jumat

Doa yang Mustajab di Hari Jumat

Doa yang Mustajab di Hari Jumat--

MAGELANG EKSPRES- Hari Jumat hari yang penuh barakah. Maka banyak amalan kebaikan yang disyariatkan di hari Jumat.

Di antara barakah di hari Jumat, Allah Ta’ala memberi satu waktu utama untuk memanjatkan doa kepada-Nya. Diantara waktu mustajab adalah berdoa di hari Jumat. Siapa yang berdoa di hari Jumat maka doanya akan diijabahi Allah Ta'ala.

Dalam sebua hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Di hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.”

BACA JUGA:Ingin Terbebas dari Hutang, Kaya dan Panjang Umur, Baca Doa Ini !

Namun begitu perlu dipahami, kapan waktu mustajab di hari Jumat?

Para ulama menyebutkan beberapa pendapat tentang kapan waktu yang dimaksud. Ada riwayat dari Imam Muslim, yaitu hadits Abu Musa radhiyallahu ‘anhu yang menyebutkan waktu yang dimaksud.

Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan shalat Jumat.

Ada hadits lain yang secara sanad shahih menyebutkan tentang kapan waktu mustajab di hari Jumat yang dimaksud. Hadits tersebut adalah hadits Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,“(Waktu siang) di hari Jum’at ada 12 (jam). Jika seorang muslim memohon pada Allah ‘azza wa jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jum’at) pasti Allah ‘azza wa jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah ‘Ashar.”

Ibnu Hajar menyebutkan ada 40 pendapat dalam masalah ini. Setiap riwayat yang menyebutkan penentuan waktu mustajab di hari Jumat secara marfu’ (sampai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) memiliki wahm (kekeliruan).

BACA JUGA:Ingin Dosanya Diampuni dan Doanya Dikabulkan, Kata Ustadz Adi Hidayat Baca 2 Surat Ini Setiap Hari

Imam Nawawi rahimahullah dalam Al-Adzkar berkata, “Memperbanyak doa sangat dianjurkan pada sepanjang waktu dari hari Jumat, mulai dari terbit fajar Shubuh hingga tenggelam matahari pada hari Jumat.

Ini agar mendapatkan waktu dikabulkannya doa. Para ulama telah berbeda pendapat mengenai waktu terkabulnya doa pada hari Jumat. Ada pendapat yang menyatakan bahwa waktunya adalah antara terbit fajar Shubuh pada hari Jumat hingga terbitnya matahari. Pendapat kedua menyatakan bahwa waktunya adalah setelah terbit matahari.

Ada juga yang menyatakan waktu tersebut adalah setelah zawal, matahari tergelincir ke barat. Ada pula pendapat yang menyatakan bahwa waktu tersebut adalah setelah Ashar. Ada pula pendapat lainnya.”

Syaikh Dr. ‘Abdul ‘Aziz Asy-Syayi’ hafizhahullah berkata ketika menyebutkan perkataan Imam Nawawi di atas dalam status twitternya (@aamshaya), “Andai saja setiap orang bersemangat berdoa pada setiap hari Jumat dalam keadaan berdiri, duduk, atau berbaring, lebih-lebih lagi setelah shalat ‘Ashar, maka ia akan mendapatkan waktu terkabulnya doa, ia akan mendapatkan kebaikannya, serta ia akan meraih kebahagiaan karena taufik dari Allah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: