Dua Kasus Pencabulan di Wonosobo Belum Terungkap

Dua Kasus Pencabulan di Wonosobo Belum Terungkap

LAPORAN. Kasatreskrim, AKP Kuseni saat memaparkan laporannya di Polres Wonosobo belum lama ini. -Mohammad Mukarom magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Laporan kasus pencabulan tahun 2023 di Wonosobo mengalami penurunan. Meski begitu, turunnya jumlah laporan tersebut relatif tak signifikan, dan masih marak terjadi. Bahkan, terdapat pelaku yang belum tertangkap hingga kasusnya belum bisa diungkap.

Hal itu disampaikan oleh Kasatreskrim Polres Wonosobo, AKP Kuseni, saat gelar rekapitulasi data penanganan kasus pencabulan selama setahun lalu, di Ruang Rapat Endra Dharma Kasana Polres baru-baru ini.

"Ada 2 laporan belum terselesaikan karena pelaku kabur. Sampai saat ini masih belum terpantau. Belum kami ketahui keberadaannya," ungkap AKP Kuseni.

BACA JUGA:10 Buronan Kasus Narkoba di Wonosobo Belum Tertangkap

Dalam informasinya, jumlah laporan perkara tindak pidana pencabulan terhadap perempuan dan anak di bawah umur, turun hingga 11 persen. Yaitu sebanyak 121 laporan masuk ke Reskrim Polres Wonosobo.

Jumlah laporannya berkurang hingga 17 kasus dari tahun 2022 lalu, yang terpantau ada sebanyak 138 kasus yang masuk. Selain angkanya turun, 5 persen perkaranya sudah berhasil dituntaskan.

"Laporan di tahun 2023 turun hingga 11 persen, hanya 121 laporan. Kalau tahun 2022, sebanyak 138 laporan. Tapi secara penanganan, tahun 2023 lebih tinggi jumlahnya," katanya.

Disampaikan, 111 perkara selesai di tahun 2023. Hal itu dikarenakan sejumlah kasus berhasil terungkap. Sementara tahun sebelumnya, hanya selesai sebanyak 102 perkara. Ia menyebut, 90 persen tindak pidana pencabulan beres ditangani.

BACA JUGA:Kronologi Pencabulan Anak Usia 4 Tahun Hingga Pendarahan di Wonosobo

"Ya kira-kira 90 persen bisa terungkap. Hanya ada 2 yang masih belum selesai karena pelaku kabur," ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolres Wonosobo AKBP Donny Sardo Lumbantoruan meminta kepada masyarakat, agar tak sungkan melaporkan berbagai temuan tindak kejahatan kepada pihak kepolisian.

Setelah laporan masuk, Kapolres berkomitmen siap menindaklanjuti aduan yang masuk. Terlebih, ia selalu menggaungkan program-program pelayanan dan keamanan lingkungan masyarakat di Wonosobo.

BACA JUGA:Kenal di Medsos, Seorang Santri di Wonosobo Cabuli Anak 13 Tahun

"Apabila ada yang menemukan tindak pidana, langsung saja laporkan, biar segera ditindaklanjuti. Karena salah satu tugas Polri adalah mengamankan dan melayani masyarakat," tandasnya. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres