KPU Kabupaten Purworejo: Pelipatan Surat Suara Ditarget Rampung 12 Januari

KPU Kabupaten Purworejo: Pelipatan Surat Suara Ditarget Rampung 12 Januari

LIPAT SURAT SUARA. KPU Kabupaten Purworejo memusatkan proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 di Gudang Penyimpanan Logistik KPU Kabupaten Purworejo yang berlokasi di Jalan Letjen S Parman Kutoarjo.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres magelangekspres-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo memusatkan proses sortir dan lipat surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Gudang Penyimpanan Logistik KPU Kabupaten Purworejo yang berlokasi di Jalan Letjen S Parman Kutoarjo.

 

Proses tersebut telah berlangsung sejak 3 Januari dan ditargetkan selesai pada tanggal 12 Januari 2024 mendatang.

Tahapan sortir dan lipat suara dkerjakan secara ketat dengan pengawasan petugas kepolisian dan Bawaslu. Mereka yang bertugas akan diperiksa terlebih dahulu sebelum masuk dan setelah keluar dari Gudang Penyimpanan Logiatik.

BACA JUGA:Polres Purworejo Tindak Tegas Pengguna Knalpot Brong

“Estimasinya sekitar 16 hari, kan ada beberapa logistik yang memang kami terima juga bertahap jadi diestimasikan 16 hari tapi dimulainya tanggal 3 sampai tanggal 12 Januari 2024,” kata Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu KPU Purworejo, Margareta Ega Rindu Suryaningtyas, Minggu (7/1).

Proses sortir dan lipat suara, lanjutnya, melibatkan total 224 orang yang terdiri atas tenaga yang berasal dari warga sekitar, 16 petugas kelompok dan Bawaslu. Mereka terbagi atas 56 kelompok dengan rata- rata pengerjaan 5 atau 6 boks per hari.

“Saat ini mereka masih mengerjakan sortir dan pelipatan untuk surat suara DPRD Provinsi, untuk per Jumat (5/1/2024) kemarin kami sudah menyelesaikam 871 boks atau kalau dijumlah itu ada 434.499 surat suara dengan total yang rusak ada 786, jadi untuk keseluruhan total 871 box ada 435.285 surat suara DPRD Propinsi,” sebutnya.

Terkait pengerjaan, mereka menyortir dan melipat surat suara DPRD Provinsi terlebih daahulu, kemudian setelah selesai dilanjut dengan menyortir dan melipat surat suara DPR RI, DPRD Kabupaten atau kota, lalu DPD dan yang terakhir adalah DPWP.

BACA JUGA:Rumah Kopi Lengkapi Objek Wisata Goa Seplawan Purworejo

“Rata-rata kerusakan disebabkan oleh tinta atau noda blok atau sobek atau memang dari warna yang pudar,” jelasnya.

KPU Purworejo optimis pelaksanaan sortir dan pelipatan surat suara dapat selesai sesuai dengan perkiraan, yakni tanggal 12 Januari 2024. Jika nanti ada logistik yang belum selesai terkirimkan, maka akan diupayakan selesai pada 16 hari kerja sesuai estimasi.

“Kalau sampai saat ini terget aman terkendali karena kami membagi menjadi beberapa kelompok atau lokasi untuk antisipasi cuaca seperti hujan, seperti kemarin kan banyak hujan juga kita harus berhati- hati karena fokus surat suara ini rentan terkena basah atau sobek, kita juga ada kehati-hatian di meja kerja, seperti mereka tidak boleh membawa Hand Phone dan tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman, jadi petugas ketika masuk ke area itu steril, ada cek dari kepolisian dan dari petugas kelompok dan dari Bawaslu juga ada ketika mereka keluar dari ruang kerja juga ada pengecekan jadi kita pastikan aman dari segi surat suara meskipun mereka petugas sortir lipat,” terangnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres