Inilah Bacaan Doa Di Antara Dua Sujud Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Inilah Bacaan Doa Di Antara Dua Sujud Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Doa duduk di antara dua sujud dalam sholat--

MAGELANGEKSPRES -- Doa yang dilakukan di antara dua sujud adalah Doa yang dipanjatkan ketika seorang muslim berada dalam posisi duduk setelah melakukan satu sujud dan sebelum melanjutkan sujud berikutnya dalam sholat, baik sholat fardhu maupun salat sunnah.

Dalam sholat, duduk di antara dua sujud termasuk dalam gerakan tumakninah, yaitu diam sebentar sebagai pemisah antara satu gerakan salat dengan gerakan lainnya.

Gerakan duduk di antara dua sujud yang benar adalah seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW, yaitu membentangkan kaki kiri, lalu duduk di atas telapak kaki kiri, dan menegakkan telapak kaki kanan serta menghadapkan jari-jari kaki kanan ke arah kiblat.

BACA JUGA:Tinggalkanlah Waktu Ini Jika Ingin Rezeki Lancar, Berikut 3 Waktu Tidur yang Dapat Menghambat Rezeki!

Cara duduk di antara dua sujud ini didasarkan pada penjelasan Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha dalam kitabnya yang berjudul Hasyiyah I’anah at-Thalibin.

Berikut adalah penjelasannya:
ويسن الافتراش فيجلس على كعب يسراه بعد أن يضجعها بحيث يلي ظهرها الارض، وينصب يمناه – أي قدمه اليمنى – ويضع أطراف بطون أصابعها منها على الارض متوجها للقبلة.

Artinya: “Disunahkan duduk iftirasy, yakni duduk di atas mata kaki yang kiri setelah menyandarkan kaki kiri tersebut sekiranya bagian kaki kiri yang atas menempel pada lantai dan menegakkan kaki kanan dan meletakkan ujung jari-jari kaki kanan di lantai dengan menghadapkannya pada arah kiblat.”
Bacaan Doa di Antara 2 Sujud

BACA JUGA:Doa Iftitah Menurut Adi Hidayat Pakai Inni atau Langsung Wajjahtu?

Bacaan doa di antara 2 sujud yakni:

رب اغْفِرلي وَارْحَمْنِى واجبرني وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى وَعَافِنِى وَاعْفُ عَنِّى

Arab-latin: Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafini wa’fu ‘anni.

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku.”

BACA JUGA:Shalat Subuh dan Isya berjamaah, Amalan Ringan dengan Pahala Besar Sampai Ada Orang yang Rela Merangkak

Selain doa yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat juga versi lain mengenai doa di antara dua sujud. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda:

أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللَّهُ علَيهِ وسلَّمَ كانَ يقولُ بينَ السَّجدَتَينِ : اللَّهمَّ اغفِر لي وارحَمني واجبُرني واهدِني وارزُقني

Artinya: “Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam ketika duduk di antara dua sujud beliau membaca: Allahummagfirli warhamnii, wajburnii, wahdini, warzuqnii (artinya: ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, berilah aku petunjuk, dan berilah aku rezeki).”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: