Polbangtan Beri Bantuan 15.000 Bibit Cabai Kepada Masyarakat Magelang

Polbangtan Beri Bantuan 15.000 Bibit Cabai Kepada Masyarakat Magelang

BIBIT CABAI. Pj Bupati Magelang Sepyo Achanto menyerahkan bibit cabai untuk masyarakat Magelang.--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan sejumlah upaya untuk menghadapi lonjakan harga cabai yang mulai terjadi di akhir tahun ini.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman akan menggalakan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk mengantisipasi gejolak harga cabai di pasaran.

Peningkatan ketahanan pangan cabai di tingkat rumah tangga menjadi langkah jitu menjaga stabilitas pasokan dan harga.

BACA JUGA:Harga Cabai Rawit di Wonosobo Turun Drastis, Pedagang: Stoknya Sudah Banyak

Oleh karenanya Kementan melalui Polbangtan Yogyakarta Magelang (Yoma) menyerahkan tanaman cabai kegiatan pengembangan komoditas strategis pertanian sebanyak 15.000 bibit kepada masyarakat Magelang pada tahap pertama dengan total 70.000 bibit,  Kamis (1/2) di Aula Kampus Polbagtan Yoma Tegalrejo.

"Kita akan galakan KRPL, itu solusi terbaik. Cabai ditanam di pekarangan," ujar Amran Sulaiman pada kesempatan terdahulu.

Menurut Mentan, dunia sekarang sedang menghadapi krisis pangan. "Penting bagi kita untuk terus berkomitmen menjaga pasokan komoditas strategis seperti cabai agar tidak terjadi pergolakan harga dan stok di pasaran," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, memberikan motivasi kepada para penyuluh untuk mendampingi masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan.

BACA JUGA:Wisata Gratis Magelang di Bukit Jonggol Kajoran Suguhkan Pesona Alam Juara !

"Banyak hal yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan lahan pekarangan, salah satunya melalui budidaya sayuran," ungkap Dedi.

Direktur, Polbangtan Yoma, Bambang Sudarmanto menyampaikan bahwa bibit cabai adalah salah satu dari komoditas strategis yang dicanangkan oleh Presiden maupun Kementerian Pertanian, di samping komoditas padi, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, tebu, kemudian daging sapi dan kerbau.


--

Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat bisa ikut berkontribusi untuk memaksimalkan bidang tanah yang kosong untuk pertanian salah satunya dengan sistem polybag ataupun yang lebih sederhana dengan media tanah.

"Apalagi untuk di wilayah Kabupaten Magelang ini yang wilayahnya terdiri dari pegunungan dengan suhu dingin, sehingga sangat mendukung hortikultura sayur-sayuran utamanya tanaman cabai," ungkap Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres