Di Purworejo Kendaraan Bertonase Tinggi Dinilai Picu Kerusakan Jalan

Di Purworejo Kendaraan Bertonase Tinggi Dinilai Picu Kerusakan Jalan

PEMELIHARAAN JALAN. Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Magelang melakukan pemeliharaan rutin jalan pekerjaan tambal lubang pada ruas jalan Purworejo-Maron-Bener, kemarin.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

“Idealnya, supaya jalan lebih awet dilakukan peningkatan jalan dengan di rigid/beton untuk mengimbangi ODOL itu. Kalau tidak, peningkatan jalan dengan CAP atau flexibel aspal dua lapis. Tetapi sebelumnya dilakukan perbaikan pondasi/diholding dulu menggunakan material CTB atau beton K250 yang kondisi rusak berat atau perbaikan minor dengan CAP yang rusak ringan supaya pondasi/dasarnya mantap dan rata,” terang Edi.

BACA JUGA:Baliho Caleg di Purworejo Roboh Celakakan Warga

Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk lapis pertama dengan ketebalan 6 cm berupa campuran aspal panas jenis AC-BC (Binder) dilanjutkan lapis kedua dengan ketebalan 4 cm aspal AC-WC (Wearing). Dengan ketebalan perkerasan total 10 cm.

“Kalau penanganannya dengan rehabilitasi jalan satu lapis saja, kekuatan dari aspal satu lapis ini hanya untuk maksimal 8 ton,” jelas Edi.

Diharapkan, adanya penertiban tonase kendaraan yang lewat sesuai kelas jalannya. Dan jalan bisa sesuai fungsinya, baik itu jalan lokal, jalan kolektor ataupun jalan arteri Terkait kondisi jalan saat ini yang banyak lubang, aku Edi, pihaknya sudah melakukan tambal lubang dengan CAP baik untuk pemeliharaan rutin oleh Balai ataupun masa pemeliharaan paket Rehabilitasi jalan oleh kontraktor.

“Harapannya dengan dilakukan tambal lubang/patching-patching ini kondisi jalan tetap bisa berfungsi baik untuk melayani lalu lintas, khususnya di ruas batas Bener hingga Purworejo,” kata Edi.

BACA JUGA:Setahun Tutup, Artha Tirta Purworejo Kembali Dibuka

Sementar untuk menghadapi lebaran 2024, pihaknya akan melakukan perbaikan jalan berupa paket rehabilitasi jalan Gatot Subroto dan lingkar utara dengan panjang total mencapai 2,4 km, dari batas Trirejo hingga kantor Satpol PP. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres