‘Sedekah Bumi Langit’, Untidar Magelang Tanam Pohon Buah-Buahan di Teaching Farm Kampus Bandongan

‘Sedekah Bumi Langit’, Untidar Magelang Tanam Pohon Buah-Buahan di Teaching Farm Kampus Bandongan

PENANAMAN POHON. Rektor Universitas Tidar, Prof Dr Sugiyarto melakukan penanaman pohon buah di kebun Teaching Farm, Kampus Bandongan.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

BANDONGAN, MAGELANGEKSPRES - Universitas Tidar (Untidar) Magelang menanam ratusan bibit pohon buah-buahan di Kebun Teaching Farm Kampus Bandongan, Kabupaten Magelang, Jumat, 16 Februari 2024.

Penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka Pra Dies Natalis ke-45, yang mengusung tema "Sedekah Bumi Langit", bersama segenap perwakilan pimpinan pemerintahan, BPBD dan DLH Kota dan Kabupaten Magelang.

Rektor Untidar Magelang Prof Dr Sugiyarto menyampaikan, penanaman pohon ini merupakan wujud dari peduli lingkungan.

“Contohnya menanam pohon buah, kita bisa melakukan konservasi air tanah, pangan dan yang terpenting adalah konservasi udara. Semakin banyak pohon maka banyak pula pasukan oksigen,” tuturnya.

BACA JUGA:Kemenag Nilai Media Sangat Efektif Bantu Awasi Layanan Publik

Pada kegiatan yang sama, Rektor juga meresmikan Environmental and Disaster Management Center (EDM Center) atau disebut juga Pusat Studi Lingkungan dan Mitigasi Bencana Untidar.

“Melalui EDM, Untidar membersamai masyarakat, Untidar hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengkaji ke-khas-an lingkungan disekitar kita. Memetakan potensi risiko bencana, penelitian lingkungan serta melakukan upaya mitigasi bencana,” jelas Ketua EDM Untidar Suwandoko.

EDM Untidar tidak dapat berkembang dengan sendirinya. Dalam praktiknya bantuan dari pemerintahan Kota dan Kabupaten Magelang, BPBD, DLH serta masyarakat sekitar sangat diperlukan.

Magelang dengan kondisi geografis yang “khas” di tengah-tengah beberapa gunung pastinya memiliki lingkungan dan perencanaan mitigasi bencana yang perlu dikaji dan direncanakan dengan baik.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sulfur juga turut memberikan kontribusi dalam kegiatan penanaman pohon ini.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Untidar Gandeng BPBD Kabupaten Magelang Sosialisasi Strategi Mitigasi Bencana di Desa Sudimoro

Setidaknya ada 106 bibit pohon buah yang ditanam meliputi bibit pohon durian, mangga, jeruk kecil, nangka, alpukat, jeruk besar dan belimbing. Selain itu ada juga 10 bibit pohon beringin dan aren yang ikut ditanam.

Kegiatan Pra-Dies Natalis Untidar ke 45 ini turut mengundang sejumlah rekan media.

Rektor berpesan bahwa keterlibatan rekan media dalam kegiatan semacam ini perlu sering dilakukan bagaimanapun rekan media punya andil besar dalam penyebaran informasi mengenai Untidar ke masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres