Cap Go Meh 2024 di Magelang Berbagai Pertunjukan Seni Tradisional Jadi Hiburan Gratis Warga

Cap Go Meh 2024 di Magelang Berbagai Pertunjukan Seni Tradisional Jadi Hiburan Gratis Warga

Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang akan menjadi pusat Cap Go Meh 2024 mulai Sabtu-Minggu 25 Februari 2024-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Jika pada saat Imlek kegiatan yang ditonjolkan adalah sembahyang, maka khusus Cap Go Meh lebih pada aneka pertunjukan seni dan budaya di seputar kelenteng terbesar di Kota Magelang ini.

Ketua Yayasan Tri Bhakti, Paul Chandra Wesi Aji mengatakan pentas seni ini menampilkan kolaborasi antara budaya Tionghoa dan Jawa. Selain barongsai, turut dimeriahkan pula penampilan kesenian tradisional seperti jatilan, topeng ireng, maupun warok.

Cap Go Meh ini tidak hanya milik warga keturunan Tionghoa saja, tetapi semua lapisan masyarakat, sehingga memang sudah dinanti-nanti masyarakat untuk menyaksikannya," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa seperti tahun-tahun lalu, perayaan dipusatkan di area kelenteng.

BACA JUGA:Festival Cap Go Meh Magelang 2024 Ada Barongsai, Kirab Budaya Hingga Pesta Kembang Api

Di kelenteng, warga Tionghoa akan melakukan sembahyang doa bersama dulu.

Kemudian kirab pagi hari dengan rute dari kelenteng menuju Jalan Pemuda, Jalan Daha, Jalan Pajajaran,dan kembali ke kelenteng.

”Kirab ini selalu melibatkan banyak elemen di luar lingkungan kelenteng. Di antaranya yang kerap terlibat seperti topeng ireng, warok, dan penampilan kesenian daerah lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA:Gus Ali Qoishor Watucongol Ajak Masyarakat Jaga Kedamaian dan Kerukunan Pasca Pemilu

Pria yang akrab disapa Awe ini menambahkan, khusus barongsai dalam menyusuri rute kirab akan beratraksi mengambil angpao yang terpasang di toko-toko yang berderet di Jalan Pemuda (Pecinan).

Aksi para pemain barongsai mengambil angpao ini menjadi pertunjukan menarik sendiri bagi penonton.

”Setiap Cap Go Meh selalu kita libatkan kesenian daerah, khususnya dari kelompok seni yang ada di daerah Gunung Merapi. Di sini kita ingin menunjukkan keberagaman dan kerukunan yang ada di Magelang,” katanya.

BACA JUGA:Masjid Langgar Agung Magelang, Konon Pangeran Diponegoro Pernah Mujahadah Di Sini!

Selain kirab, kata dia, pihaknya juga akan melangsungkan beragam atraksi kesenian di area kelenteng pada malam hari dimulai pukul 18.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres