OJK Gelar Edukasi Keuangan bagi Masyarakat Umum di Kabupaten Magelang

OJK Gelar Edukasi Keuangan bagi Masyarakat Umum di Kabupaten Magelang

EDUKASI. Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto saat menghadiri acara Edukasi Keuangan bagi Masyarakat Umum di Kabupaten Magelang oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Balkondes Ngargogondo Borobudur.-prokompim setkab magelang-Magelang Ekspres

MUNGKID, MAGELANGEKSPRES - Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto menghadiri acara Edukasi Keuangan bagi Masyarakat Umum di Kabupaten Magelang oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Balkondes Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Senin (4/3).

Dalam kesempatan Adi mengimbau masyarakat untuk selektif memilih lembaga yang pemberi jasa investasi maupun pinjaman, teruma investasi/pinjaman online (pinjol).

Masyarakat diminta agar tetap berhati-hati dan waspada saat menanggapi penawaran investasi, maupun pinjol, agar tidak terjebak dan tertipu, atau bahkan menjadi korban dari kejahatan tersebut.

Apabila ingin berinvestasi dan meminjam modal, maka carilah investasi dan pinjaman yang legal.

BACA JUGA:Resmi OJK, Ini Dia 6 Pinjaman Kredit Tanpa BI Cheking Terbaru 2024, Nomor 6 Cuma Semenit Langsung Cair

"Investasi ilegal atau investasi bodong dan pinjaman online ilegal, akhir-akhir ini benar-benar meresahkan masyarakat, karena tidak sedikit dari masyarakat yang telah menjadi korban dari investasi tersebut. Hal ini terjadi dikarenakan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan keuangan masih sangat rendah," ungkap Adi.

Untuk itu, Pemkab Magelang sangat mendukung kegiatan edukasi keuangan oleh OJK ini. Dengan harapan agar masyarakat lebih hati-hati dan waspada dengan maraknya investasi ilegal dan pinjol ilegal.

Adi berharap, kegiatan ini dapat menambah wawasan kepada semua, akan semakin mengenal tentang keberadaan, fungsi, tugas dan peran lembaga OJK, serta memahami produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan, manfaat, fitur, risiko dan kewajiban serta lainnya.

Pemkab Magelang juga mengimbau kepada pengelola Balkondes dan para pelaku usaha di Kabupaten Magelang, agar mengelola keuangan secara profesional, efektif, efisien dan akuntabel, sehingga keberlangsungan usaha bisnisnya tetap terjaga dan semakin maju.

BACA JUGA:Jangan Mudah Tergiur, Inilah 60 Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2023 Tanpa Izin Operasi OJK!

Sementara, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan, Friderica Widyasari Dewi menyampaikan, Kabupaten Magelang merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang memiliki potensi dalam membangun perekonomian Indonesia.

Hal tersebut didasari bahwa Kabupaten Magelang memiliki kekayaan alam dan SDM berupa tempat wisata, budaya, kuliner dan usaha lokal masyarakatnya yang sudah berkembang hingga saat ini.

Salah satu faktor pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah usaha dari masyarakat lokal yaitu usaha mikro kecil menengah (UMKM).

UMKM diminati masyarakat karena mudah dan cepat dalam membuka usahanya. Oleh karena itu, UMKM menjadi unit usaha terbesar di Indonesia dengan jumlah sebanyak 99% dengan menyumbang Pendapatan Domestik Bruto sebanyak 61% atau Rp9,5 triliun serta berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 97% di tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: