Pemkab Temanggung Kirim Sayuran ke Pengungsi Banjir

Pemkab Temanggung Kirim Sayuran ke Pengungsi Banjir

SAYURAN. Tim BPBD Kabupaten Temanggung sedang menyiapkan sayuran yang akan dikirim ke Demak dan Kudus. -Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG,MAGELANGEKSPRES-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Temanggung, berencana akan mengirimkan bantuan sayuran ke pengungsian korban banjir di Kabupaten Demak dan Kudus, bantuan rencananya akan dikirim dalam dua hari sekali.

Kepala Pelaksana BPD Temanggung Toifur Hadi mengatakan, bantuan sayuran ini memang sengaja diberikan kepada korban banjir di dua tempat pengungsian di dua Kabupaten tersebut. Bantuan sayuran diberikan sesuai dengan kebutuhan di tempat pengungsian.

"Sudah ada tim BPBD Temanggung yang membantu didua lokasi itu, informasinya untuk kebutuhan pokoknya sudah terpenuhi, yang dibutuhkan adalah sayuran, maka kami kirimkan sayuran,"terangnya kemarin.

BACA JUGA:Ratusan Sepeda Motor Digaruk Polisi Temanggung, Diduga Akan Lakukan Balap Liar

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan sayuran ini, pihaknya bekerja sama dengan paguyuban petani dan pedagang sayuran di Temanggung, dalam waktu sehari sudah terkumpul 4.200 kilogram sayuran berbagai macam jenis.

Donasi sayuran terkumpul 4 ton 200 Kilogram yang diperoleh dari masyarakat dan paguyuban sayuran di Kecamatan Ngadirejo, Selopampang, Tretep, Wonoboyo, Kledung dan Temanggung.

Sayuran ini akan dikirim ke dua titik dapur umum yaitu di Gedung Pramuka Kabupaten Demak, dan Gedung JHK Kabupaten Kudus.

"Masyarakat Temanggung sangat peduli, kami membuka open donasi dalam waktu satu hari sudah langsung bisa dikirim sayuran sebanyak 4 ton,"terangnya.

Dikatakan, setiap hari open donasi sayuran dibuka, bagi masyarakat yang akan menyumbangkan sayuran bisa langsung dibawa ke kantor BPBD Temanggung, atau ke perangkat desa setempat atau ke Kecamatan.

BACA JUGA:RSUD Temanggung Siapkan Bangsal Caleg Gagal, Sampai Saat Ini Belum Terisi

Ia menambahkan, berdasarkan informasi kebutuhan sayuran sangat bayak, sayuran yang dikirim pertama ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan memasak dua kali saja. Oleh karena pihaknya akan berusaha untuk bisa mengirim bantuan sayuran.

"Kalau banyak yang donasi, bisa setiap hari kami kirim, paling lama dua hari sekali,"tutupnya.

Ketua Forum Relawan BPBD, Sigit Rumiyanto menuturkan, masyarakat Temanggung, mulia dari petani pedagang hingga semua lapisan masyarakat, siap memberikan bantuan sayuran, apalagi sebagian besar petani di Temanggung adalah petani sayuran.

"Tak lain hanya untuk membantu meringankan teman-teman masyarakat di Demak dan Kudus. Beberapa teman dari dapur umum mengeluhkan kurangnya pasokan sayuran untuk memenuhi kebutuhan makanan." Katanya.(set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres