Armada dan Sopir di Terminal Tipe A Purworejo Jalani Ramp Check Bus

Armada dan Sopir di Terminal Tipe A Purworejo Jalani Ramp Check Bus

RAMP CHECK BUS. Sejumlah armada berserta awak bus di Terminal Tipe A Purworejo menjalani Ramp Check Bus untuk memastikan kesiapan jalan jelang arus mudik lebaran 2024.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Sejumlah armada berserta awak bus di Terminal Tipe A Purworejo menjalani Ramp Check Bus untuk memastikan kesiapan jalan jelang arus mudik lebaran 2024.

Pengecekan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo bersama Dinas Perhubungan Provinsi Jateng, Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Dok Kes Polda Jateng, Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, dan Puskesmas Banyuurip.

Ramp Check dilaksanakan sesuai dengan instruksi Kementerian Perhubungan yaitu pada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di daerah kewenangan masing-masing sebagai bentuk persiapan untuk menyambut mudik lebaran 2024.

BACA JUGA:Kualitas Pelayanan Publik Harus Terus Ditingkatkan, Pemkab Purworejo Teken MoU dengan Ombudsman RI

Adanya Ramp check diharapkan dapat memastikan semua operator transportasi, baik sarana maupun pra sarana dengan tujuan mengutamakan keselamatan.

Dalam kegiatan itu, petugas mengecek kondisi fisik bus, lampu utama, lampu sen, dan lampu rem yang harus menyala, wipper, rem, ban, speedometer, setir, juga kelengkapan administratif seperti lampiran hasil uji KIR, SIM milik pengemudi, STNK, Buku Uji, dan Izin Trayek.

Setelah kendaraan berhasil melewati ramp check, kendaraan akan diberikan tanda khusus berupa stiker yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

“Saat ini masih berjalan pelaksanaan ramp check di Terminal Tipe A Purworejo. Sebelumnya diawali dengan ramp check laik kendaraan di Laboratorium Pengujian Kendaraan Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo, alhamdulillah 5 bus sudah diperiksa dan laik jalan. Kemudian lanjut di Terminal Type A, ramp check dengan Dinhub Provinsi dan Satlantas Purworejo, lalu dilanjutkan Cek kesehatan crew bus oleh Dinkes Provinsi Jateng dan Dinkes Purworejo,” ungkap Kata Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo, Fithri Edhi Nugroho, saat dikonfirmasi pada Rabu (3/4).

BACA JUGA:GPM di Purworejo Amankan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Lebaran

Dalam kegiatan ramp check itu, petugas juga melakukan pemeriksaan atau cek narkoba kepada setiap sopir dan crew bus yang ada.

Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan untuk memastikan sopir bus angkutan Lebaran 2024 dalam keadaan sehat saat bertugas mengantar pemudik ke kampung halaman masing-masing.

“Ada cek narkobanya juga, sampai saat ini bersih semuanya, Insya-Allah Crew Bus yang besuk bawa Bus Mudik Gratis, sehat semuanya,” terangnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres