Candi Borobudur Jadi Magnet Kunjungan Wisatawan Selama Libur Lebaran 2024

Candi Borobudur Jadi Magnet Kunjungan Wisatawan Selama Libur Lebaran 2024

CANDI BOROBUDUR. Tempat wisata yang masih jadi prioritas di libur lebaran 2024. -Foto: unsplash.com / sutanto-

BOROBUDUR, MAGELANGEKSPRES - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko atau InJourney Destination Management (IDM) mencatat jumlah kunjungan 243.821 wisatawan yang berkunjung ke destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Keraton Ratu Boko, Teater Pentas Ramayana dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selama masa ramai libur Lebaran 2024 dari tanggal 8 sampai 15 April 2024.

Destinasi Taman Wisata Candi Borobudur tetap menjadi jajaran tertinggi tingkat kunjungan di Jawa Tengah dengan jumlah 63.427 wisatawan.

Sementara, puncak kunjungan ke destinasi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, TWC Prambanan dan Keraton Ratu Boko terjadi pada tanggal 12 April 2024, di mana total kunjungan mencapai 32.050 wisatawan.

BACA JUGA:Disparbud Wonosobo Wanti-wanti Drone Liar di Hari Puncak Festival Mudik Balon Udara

Kunjungan ke destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko didominasi oleh wisatawan nusantara yang berasal dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Medan dan lainnya.

Pengunjung didominasi oleh grup keluarga yang menjadikan destinasi TWC Borobudur dan TWC Prambanan menjadi tujuan utama berwisata di saat libur Lebaran 2024.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis InJourney Destination Management Hetty Herawati mengatakan bahwa destinasi TWC masih menjadi magnet kunjungan wisatawan selama musim libur Lebaran 2024.

Pesona destinasi wisata Warisan Budaya Dunia tetap diminati untuk berlibur bersama keluarga maupun kerabat sambil menyelami keagungan dan kedalaman makna luhur dari cerita sejarah dari leluhur bangsa.

BACA JUGA:Ribuan Umat Budha Bakal Ikuti Perayaan Waisak 2024 di Borobudur

"Jika kita cermati memang angka kunjungan wisatawan ke destinasi TWC cenderung menurun dibanding dengan tahun 2023 lalu. Sejalan dengan penurunan kunjungan secara umum, banyak faktor kemungkinan yang menjadi penyebabnya, antara lain perubahan tren perjalanan, faktor ekonomi nasional, bertumbuhnya destinasi wisata lokal, dan lainnya. Meskipun demikian, minat berwisata masyarakat tetap tinggi dan masih positif untuk mendukung peningkatan perekonomian nasional," jelas Hetty Herawati.

Destinasi Taman Wisata Candi Borobudur sebagai kompleks Warisan Budaya Dunia ini dipadati oleh belasan ribu pengunjung. Sementara, kuota sebanyak 1.200 wisatawan untuk naik Candi Borobudur terpenuhi setiap hari sepanjang musim libur Lebaran 2024 ini.

Wisatawan lainnya bisa menikmati kemegahan Candi Borobudur dari kejauhan sambil menikmati atraksi pertunjukan seni budaya masyarakat sekitar serta lokakarya Edu Kriya bersama perajin lokal Borobudur.

“IDM berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi dengan baik untuk menghadirkan pelayanan prima bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke seluruh destinasi di antaranya Polda DI Yogyakarta, Polda Jawa Tengah, Kodim 0732 Sleman, Kodim 0705 Magelang, Jawa Tengah, serta Dinas Perhubungan wilayah setempat. Semoga kolaborasi ini bisa terus berjalan untuk menghadirkan destinasi wisata yang nyaman dan mendorong peningkatan kualitas pariwisata di Indonesia,” pungkas Hetty Herawati. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres