Meneladani Abu Bakar, Sahabat yang Dijamin Masuk Surga dari Semua Pintu

Meneladani Abu Bakar, Sahabat yang Dijamin Masuk Surga dari Semua Pintu

Meneladani Abu Bakar, Sahabat yang Dijamin Masuk Surga dari Semua Pintu--

MAGELANG EKSPRES-Abu Bakar ash-Shiddiq adalah sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling utama. Iman dan keyakinan Abu Bakar tidak ada yang mampu menandingi.

Dalam sebuah hadist Rasulullah  menyebutkan kalau seandainya imam dan keyakinan Abu Bakar  dan semua umat manusia sama-sama ditimbang maka imam dan keyakinan Abu Bakar lebih berat.

Berarti tidak ada yang menandingi imam dan keyakinan Abu Bakar walaupun dibandingkan dengan imam dan keyakinan seluruh umat di muka bumi ini.

BACA JUGA:Biografi Singkat 10 Sahabat yang Dijamin Masuk Surga yang Patut Kita Teladani

Abu Bakar mempunyai banyak gelar namun yang paling dikenal adalah ash-Shiddiq. Gelar ash-Shiddiq diberikan langsung oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Abu Bakar saat naik ke Gunung Uhud bersama Umar bin Khallab dan Ustman bin Affan.

Gelar ash-Shiddiq pantas disematkan kepada Abu Bakar  karena beliau tidak pernah ragu-ragu dengan apa yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Abu Bakar selalu membenarkan apa yang datang dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sebagaimana pada peristiwa Isra Mi’raj.  Pada pagi hari setelah Isra Mi’raj orang-orang kafir yang tidak percaya dengan kabar tersebut berkata kepadanya, “Temanmu (Muhammad) mengaku-ngaku telah pergi ke Baitul Maqdis dalam semalam”.
Abu Bakar menjawab, “Jika ia berkata demikian, maka itu benar”.

Abu Bakar termasuk golongan assabiqunal awwalun, yakni golongan orang-orang pertama memeluk Islam tatkala orang-orang masih mengingkari Nabi.

Bahkan lima sahabat yang dijamin masuk surga adalah berkah dakwah dari Abu Bakar.

BACA JUGA:Kisah Sahabat yang Masuk Surga karena Memaafkan Setiap Orang yang Berbuat Salah padanya

Abu Bakar  yang menemani Nabi pada saat melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Abu Bakar pun rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk melindungi Rasulullah yang saat itu sedang diburu akan dibunuh oleh orang-orang Quraisy.

Keutamaan Abu Bakar

Abu Bakar mempunyai banyak keutamaan yang tidak dimiliki oleh sahabat lain yang sama-sama dijamin masuk surga. Beberapa keutamaan yang dimiliki Abu Bakar adalah :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: