Jalan Penghubung Antarkabupaten Rusak Parah, Lokasinya di Bumijawa Tegal

Jalan Penghubung Antarkabupaten Rusak Parah, Lokasinya di Bumijawa Tegal

Anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tegal Sayid Abdul Qodir. Foto: YERI NOVELI/RADAR SLAWI--

BUMIJAWA, MAGELANGEKSPRES - Jalan penghubung antar Kabupaten Tegal dengan Kabupaten Brebes mengalami kerusakan yang cukup parah. Jalan ini berlokasi di ruas Dukuhbujil-Seketi Desa Dukuhbenda Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PKB, Sayid Abdul Qodir menuturkan, jalan itu dikategorikan rusak abadi. Karena kerusakannya sudah berlangsung cukup lama.

Kendati sudah sering diusulkan anggaran untuk perbaikan, namun tak kunjung direalisasi. Padahal, jalan tersebut merupakan penghubung antarkabupaten.

Selain sebagai akses perekonomian dan pendidikan, juga sebagai jalur pertanian. Tidak sedikit warga di wilayah Kecamatan Bumijawa yang menggunakan jalan tersebut untuk menuju ke wilayah Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.

"Ini jalan tembus menuju Sirampog. Sudah bertahun-tahun tidak diperbaiki. Sehingga saya sebut sebagai jalan rusak abadi," kata Habib Qodir, sapaan akrab wakil rakyat dari Dapil Bumijawa, Bojong dan Jatinegara ini, Kamis (16/5).

Dia berharap, dinas terkait segera mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki jalan tersebut. Termasuk juga memfasilitasi penerangan jalan umum (PJU) di lokasi.

Karena selain rusak, jalan itu juga gelap. Sehingga rawan kecelakaan dan kriminalitas.

"Sebenarnya di wilayah Bumijawa masih banyak jalan yang rusak dan butuh perbaikan. Tapi jalan ini sangat urgent untuk segera diperbaiki," cetusnya.

Dia menyarankan, jika jalan itu sulit diperbaiki, sebaiknya direlokasi. Karena jalan tersebut kultur tanahnya sangat labil. Tebing rawan longsor.

"Harusnya memang direlokasi supaya tidak sia-sia anggarannya," pungkasnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: