Panwaslu Temanggung Harus Tegak Lurus

Panwaslu Temanggung Harus Tegak Lurus

DILANTIK. Anggota Panwas Kecamatan dilantik di aula omah kebon Temanggung.-Setyo Wuwuh-Magelang Ekspres

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan diminta untuk bekerja secara profesional, sehingga upaya menegakkan keadilan pemilu bisa benar-benar tercapai pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Permintaan tersebut disampaikan oleh PJ Bupati Temanggung Agung Hary Prabowo saat pelantikan Panwaslucam di aula Omah Kebon Temanggung, baru-baru ini.

Menurutnya, profesionalisme sebagai anggota Pengawas Pemilu wajib dan harus dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, dengan menjalankan tugas berpedoman pada peraturan dan regulasi yang telah ditentukan sesuai ketentuan aturan undang-undang.

BACA JUGA:63 Anggota Panwascam Pilkada 2024 Kabupaten Magelang Resmi Dilantik

"Aturan sudah jelas dan tertulis, tinggal menjalankan pekerjaan sesuai dengan regulasi yang berlaku," tegasnya.

Selain itu, PJ Bupati meminta, Panwaslucam segera melakukan koordinasi dengan forkompimcam, dengan koordinasi maka pekerjaan akan lebih ringan dan terarah untuk menyukseskan Pilkada serentak mendatang.

"Koordinasi itu menentukan langkah tindak kita dalam rangka suksesi kepemimpinan nanti agar pelaksanaan pilkada betul-betul bisa profesional," katanya.

Panwaslu juga diminta untuk bersikap independen dan netral pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024.

Tidak boleh berpihak kepada siapa pun, harus tegak lurus, independen dan harus netral.

"Ini untuk seluruh anggota Panwaslu Kecamatan, termasuk sekretariat Panwaslu juga saya minta untuk netral," pintanya tegas.

BACA JUGA:Panwascam Purworejo Dilantik, Tugas Pertama Harus Paham Regulasi

Selain itu, anggota Panwaslu kecamatan harus menegakkan aturan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku, tidak tebang pilih dan tidak pilih kasih.

Dalam melakukan pengawasan, anggota Panwaslu Kecamatan juga memiliki peran dalam pendidikan politik bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Temanggung.

"Waktu Pileg dan Pilpres kemarin, angka partisipasi kita 90 persen. Mudah-mudahan pilkada nanti angka partisipasi masyarakat bisa naik lagi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres