10 Bus Pariwisata Kena Sidak di Wonosobo, Sebagian Tak Laik Jalan

10 Bus Pariwisata Kena Sidak di Wonosobo, Sebagian Tak Laik Jalan

PARIWISATA. Pelaksanaan rampcheck bus pariwisata di Kabupaten Wonosobo, Minggu (26/5).-Istimewa-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Sedikitnya, ada 10 unit kendaraan bus pariwisata yang terkena inspeksi mendadak (sidak) di Kabupaten Wonosobo. Sebagian besar yang terjaring operasi ditetapkan tak laik jalan.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Wonosobo, Agus Susanto mengungkapkan, dari 10 kendaraan bus pariwisata yang disidak, ada 7 unit diantaranya tak layak dan harus dijatuhi sanksi.

"Ada 10 bus yang diperiksa. Ada 7 tidak laik jalan dan harus dikenakan sanksi, sementara 3 unit lainnya aman," katanya, Selasa (28/5).

BACA JUGA:Masih Banyak Warga Wonosobo Mangkir Bayar Pajak Kendaraan, Operasi Tilang Jadi Kesempatan Sosialisasi

Agus Susanto menyampaikan, 5 kendaraan diberi surat pernyataan melanggar, dan 2 kendaraan sisanya kena sanksi tilang. Pasalnya dalam pemeriksaannya, pengendara ini tak membawa kelengkapan surat-surat mengemudi.

"Penindakkan kendaraan yang tidak laik jalan yaitu memberikan surat pernyataan melanggar pada 5 kendaraan tidak laik jalan dan melaksanakan tilang pada 2 kendaraan tidak laik jalan," bebernya.

Sidak atau operasi pengecekan kelayakan kendaraan (rampcheck) itu diselenggarakan semenjak tanggal 23 - 26 Mei 2024 lusa kemarin.

Menyasar bus-bus pariwisata yang terparkir di Taman Rekreasi Kalianget dan kompleks Masjid Al Muntaha Unsiq, Wonosobo.

Kata Agus, kegiatan tersebut didasari peristiwa kecelakaan di sebuah daerah yang melibatkan bus pariwisata baru-baru ini. Demi mengantisipasi hal demikian, Disperkimhub menggandeng Satlantas Polres untuk operasi kendaraan.

BACA JUGA:Kuota Pupuk di Wonosobo Bertambah, Dipastikan Bisa Akomodir hingga 70 Persen Jumlah Petani

"Kegiatan didasarkan pada meningkatnya kasus kejadian kecelakaan akhir akhir ini yang melibatkan kendaraan bus pariwisata. Apalagi Wonosobo ini daerah wisata yang tak sedikit bus pariwisata juga membawa rombongan ke sini," terangnya.

Ia berharap, melalui pelaksanaan rampcheck itu bisa memastikan layak atau tidaknya sebuah kendaraan.

Terutama kendaraan seperti bus pariwisata yang berkapasitas membawa banyak penumpang.

Terlebih lagi, Wonosobo yang notabene terkenal akan wisatanya, tak menutup kemungkinan menjadi salah satu destinasi tujuan bagi rombongan bus. Jalan yang berkelok serta menanjak ini yang dikhawatirkan bagi kendaraan serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres