Masuk 10 Besar Objek Wisata Terpopuler, Telaga Menjer Wonosobo Jadi Prioritas Pembangunan Disparbud

Masuk 10 Besar Objek Wisata Terpopuler, Telaga Menjer Wonosobo Jadi Prioritas Pembangunan Disparbud

MENJER. Suasana di Telaga Menjer, Garung, Kabupaten Wonosobo.-Istimewa-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Destinasi Telaga Menjer Kabupaten Wonosobo tercatat masuk 10 besar sebagai objek wisata terpopuler setelah Dieng Plateau. Capaian tersebut membuat pemerintah perioritaskan pembangunan melalui anggaran DAK tahun 2024.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo, Agus Wibowo mengungkapkan, pemerintah menerima suntikan DAK mencapai Rp 4 miliar lebih yang nantinya digelontorkan untuk objek wisata Telaga Menjer.

"Telaga Menjer itu masih masuk 10 besar wisata populer di Wonosobo setelah Dieng. Sehingga ini jadi sasaran perioritas kami untuk memperbaiki berbagai fasilitas di sana. Tahun ini kita dapat Rp 4 miliar sekian dari DAK," beber Agus Wibowo, Kamis (30/5).

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Telaga Menjer - Salah Satu Spot Menawan di Wonosobo

Sebagai informasi, tahun 2024, Kabupaten Wonosobo mendapatkan total Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 28 miliar yang akan dibagi-bagi untuk beberapa sektor.

Sesuai ketentuan, besaran anggaran tersebut peruntukannya tematik, mulai dari pembangunan jalan dengan lokasi yang bertema pariwisata, sentra produksi pangan, dan konektifitas daerah.

Dalam keterangan terpisah, Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Wonosobo, Afton Reza menjelaskan bahwa kucuran dana bertema pariwisata secara spesifik salah satunya dengan membangun aksesibilitas menuju wisata Telaga Menjer.

“Di tahun 2024, tema pariwisata masih dilakukan di kawasan Telaga Menjer. Salah satunya yakni dengan menghubungkan jalan dari Kuripan sampai ke Kayugiyang dan Jengkol sampai Tlogo," kata Afton Reza belum lama ini.

Setelah dikonfirmasi, Agus Wibowo menyampaikan, khusus untuk tema pariwisata yang bergerak di bidang perbaikan akses jalan menuju objek wisata akan ditangani langsung oleh dinas terkait, DPUPR Kabupaten Wonosobo.

BACA JUGA:5 Spot Foto Terbaik di Telaga Menjer Wonosobo, Siapkan Pose Terbaikmu Jika Berwisata Disini !

"DAK kan tematik, ada tema-tema yang ditentukan. Walaupun DPUPR fokusnya untuk pembangunan infrastruktur, tapi itu tetap melalui kegiatan kami di sektor pariwisata," jelasnya.

Sementara Disparbud sendiri, kata Agus, akan lebih mengoptimalkan perbaikan fasilitas yang ada di Telaga Menjer.

Misalnya melakukan perbaikan terhadap mushala, toilet, dan taman di kompleks wisata tersebut.

Terlebih, sebagian indikator masuknya Telaga Menjer sebagai 10 besar wisata terpopuler adalah terus meningkatnya jumlah kunjungan dari sejumlah objek wisata lain di Wonosobo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres