Survei SPIN : Elektabilitas Sudaryono Tertinggi di Pilgub Jateng

Survei SPIN : Elektabilitas Sudaryono Tertinggi di Pilgub Jateng

Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono bersama Prabowo menempati urutan pertama survei SPIN dengan tingkat elektabilitas tertinggi.-IST-MAGELANG EKSPRES

SEMARANG, MAGELANGEKSPRES — Lembaga Survey & Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terbaru terkait kekuatan calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024. Hasilnya, elektabilitas Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, menempati posisi pertama dibanding calon lainnya.

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara mengatakan, nama Sudaryono menempati urutan pertama.

Dalam survei itu pihaknya memberikan pertanyaan secara tertutup kepada 1.070 responden dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

BACA JUGA:Petani di Magelang Beri Dukungan Sudaryono di Pilgub Jawa Tengah

Responden, kata dia, diberikan pertanyaan secara tertutup mengenai pilihan gubernur jika pemilihan dilakukan pada hari ini.

"Dalam simulasi pertanyaan tertutup, elektabilitas Sudaryono semakin menguat dan menduduki posisi puncak dengan dukungan 20,7 persen pemilih. Hal ini menjadikannya unggul atas pesaing terdekatnya, seperti Hendrar Prihadi dan Taj Yasin Maimoen," ungkap Igor saat mengumumkan hasil survei.

Di urutan kedua, Hendrar Prihadi meraih 13,3 persen, diikuti oleh Taj Yasin dengan 13,1 persen, dan Dico Ganinduto dengan 8,3 persen. 

BACA JUGA:Relawan Gibran Deklarasi Dukung Sudaryono di Pilgub Jateng

Igor juga menyatakan bahwa terdapat penurunan dalam dukungan bagi calon lainnya dibandingkan dengan hasil simulasi top of mind sebelumnya.

"Calon lainnya, seperti Ahmad Luthfi dengan 4,7 persen dan Muhammad Yusuf Chudlori dengan 4,4 persen, mengalami penurunan dalam tingkat dukungan," tambah Igor.

Menurut Igor, setidaknya ada lima alasan Sudaryono berada diposisi pertama dalam temuan survei pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024.

BACA JUGA:Perpustakaan di Kabupaten Tegal Kurang Diminati, Butuh Inovasi

Yang pertama, Sudaryono mendapat efek limpahan (spill over)  dari elektabilitas Prabowo-Gibran.

“Pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden ini berhasil memenangkan Pilpres secara Nasional dan Juga di Jawa Tengah yang diketahui adalah basis PDIP dan Ganjar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres