Sudah Miliki Hak Pilih, Namun 12 Ribu Warga di Wonosobo Belum ber-KTP Elektronik

Sudah Miliki Hak Pilih, Namun 12 Ribu Warga di Wonosobo Belum ber-KTP Elektronik

DISDIKCAPIL. Kepala Disdukcapil Wonosobo, Tarjo-Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES -Terdapat sekitar 12 ribu lebih warga Wonosobo yang memiliki hak pilih namun belum kantongi KTP elektronik (EKTP). Padahal Pilkada akan digelar beberapa bulan kedepan.

"Jumlah pemilih di Wonosobo akan bertambah pada jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Sebanyak 12.000 lebih warga belum memiliki KTP Elektronik," ungkap Kepala Disdukcapil Wonosobo, Tarjo, Selasa 11 Juni 2024.

Menurutnya, adanya peningkatan signifikan daftar pemilih di Pilkada serentak tahun 2024 tersebut, diperoleh setelah pihaknya menerima data kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri tentang jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang dirilis pada akhir bulan Mei lalu.

BACA JUGA: Terlalu Berisik! Karaoke Tengah Malam Warung Kaki Lima di Wonosobo Digulung

"Dan peningkatannya untuk ternyata cukup besar," tandasnya.

Dijelaskan pula, bahwa hingga pada semester dua di bulan Mei tahun 2024 ini jumlah penduduk di kabupaten dingin ini mencapai 935.671 warga.

Dari jumlah tersebut tercatat ada sebanyak 713.707 warga yang sudah memiliki hak suara di Pilkada yang digelar pada November mendatang.

"Dengan kata lain, ada sekitar 76,28 persen warga dari total jumlah penduduk di Wonosobo itu sudah memiliki  hak pilih," bebernya.

Ditambahkan, jika dibanding pemilu serentak awal 2024 lalu, Daftar Pemilih Tetap (DPT) hanya berada di angka 693.625 warga saja, maka ada  kenaikan sekitar 12.387 lebih.

BACA JUGA:Menyeduh Teh di Tambi Wonosobo Menggunakan 7 Mata Air Suci

Kenaikan tersebut lanjut Tarjo berkaitan dengan peningkatan jumlah umur anak atau pelajar yang masuk di 17 tahun pada semester dua tahun 2024.

"Bersumber dari data pelajar  yang masuk dapodik serta belum melakukan perekaman sebanyak 8.813, warga dan non pelajar sebesar 3.574 warga," ungkapnya.

Pihaknya akan gencar masuk ke berbagai lembaga sekolahan terutama SMA sederajat untuk melakukan perekaman KTP Elektronik. Sehingga 12.387 warga yang masuk dalam DP4.

"Untuk kepentingan pemilu, data tersebut juga akan kami koordinasikan dengan KPUD Wonosobo," pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres