Menyeduh Teh di Tambi Wonosobo Menggunakan 7 Mata Air Suci

Menyeduh Teh di Tambi Wonosobo Menggunakan 7 Mata Air Suci

FESTIVAL. Kadisparbud Agus Wibowo didampingi Dirut PT Tambi membuka festival teh Nusantara di kompleks pabrik teh Tambi Kejajar -Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Indonesia menduduki posisi ketujuh penghasil teh dunia. Kualitas teh Indonesia cukup diakui di dunia dengan berbagai variannya.

Hal ini juga tercermin dari sebagian besar teh, khususnya yang memiliki kualitas premium.

Terkait hal tersebut, PT Teh Tambi bersama dengan Disparbud Wonosobo menggelar festival teh Nusantara, lusa kemarin.

Direktur PT Tambi, Suwito mengatakan bahwa hasil produksi teh Indonesia yang besar didukung oleh luasnya lahan perkebunan teh di Indonesia. Meski seiring waktu, produksi teh Indonesia mulai berkurang.

BACA JUGA:Resmi Ditutup Pangdam, Hasil TMMD ke 120 Harus Rawat dan Jaga

Pengurangan produksi ini dipengaruhi oleh berapa faktor, seperti beralihnya fungsi lahan dan berhenti beroperasinya beberapa pabrik teh yang ada di Indonesia.

Berkurangnya produksi teh di Indonesia perlu disikapi dengan bijak, agar pasar ekspor teh Indonesia tidak semakin menurun.

"Berangkat dari kekhawatiran tersebut, perlu dilakukan berbagai langkah antisipasi baik dari pemerintah, pelaku usaha industri teh, hingga masyarakat dan stake holder lainnya," katanya.

Menurutnya, festival yang digelar di pabrik teh dan Resort Teh Tambi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap teh Indonesia.

Festival diikuti beberapa produsen teh di Indonesia, industri teh, hingga UMKM yang terkait dengan bidang teh.

BACA JUGA:Dispaperkan Wonosobo Klaim Miliki 1.300 Juleha untuk Idul Adha, Siap Bertugas

Festival dibuka acara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo, dengan didampingi oleh Direktur Umum PT Perkebunan Tambi, Yoyok Setiawan.

Pembukàan Festival diawali dengan acara prosesi membawa 7 kendi berisi air yang berasal dari 7 sumber mata air yang berbeda.

7 kendi air itu selanjutnya diolah menjadi sajian minuman teh, yang kemudian dipersembahkan kepada beberapa perwakilan yang hadir, untuk dilakukan tea toast.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres