Dispaperkan Wonosobo Klaim Miliki 1.300 Juleha untuk Idul Adha, Siap Bertugas

Dispaperkan Wonosobo Klaim Miliki 1.300 Juleha untuk Idul Adha, Siap Bertugas

Dispaperkan Wonosobo Klaim Miliki 1.300 Juleha untuk Idul Adha, Siap Bertugas--

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Wonosobo mengklaim sudah memiliki 1.300 juru sembelih halal. Mereka siap bertugas sebagai penyembelih hewan kurban pada peringatan Idul Adha tahun 2024.

Kepala Dispaperkan Kabupaten Wonosobo Dwiyama SB mengatakan, pihaknya telah menggelar Bimbingan Teknis Juru Sembelih Halal (Juleha) dan telah menjadi agenda rutin yang sudah lama dilakukan setiap tahunnya.

"Jadi sudah ada sekitar 1.300 an orang yang sudah kita latih untuk jadi juru sembelih halal, itu hasil pelatihan 35 angkatan dalam rentang 9 tahun," terangnya.

BACA JUGA:Rekomendasi Cabup Wonosobo dari Partai Nasdem Jatuh Kepada Afif Nurhidayat

Menurutnya, Juleha memiliki peranan penting dalam memastikan proses penyembelihan hewan kurban yang halal, benar dan beradab.

"Mereka memiliki keterampilan mengenai penyembelihan hewan yang benar dan sesuai syariat Islam," tandasnya.

Ribuan Juleha yang dilatih Dispaperkan sebagian besar adalah pengurangan atau takmir masjid, tokoh agama dan tokoh agama atau mereka yang ditunjuk oleh panitia penyembelihan hewan kurban tingkat desa atau kampung.

"Peserta yang lulus pelatihan akan menerima sertifikat dan sejumlah alat penyembelihan hewan," imbuhnya.

Setelah itu peserta mendapatkan sertifikat dari kegiatan tersebut dan peralatan penyembelihan hewan.

BACA JUGA:Ada 36 Ribu Hektar Lebih Lahan Kritis di Wonosobo

Diakuinya, bahwa rata-rata masih 3-5 persen cara memotong hewannya belum benar. Mulai dari proses merobohkan hewan kurban, alat pemotong  yang belum sempurna ketajamannya, serta titik urat potong yang tepat.

"Aspek kebersihan dan juga ciri hewan kurban yang sehat juga kita berikan agar mereka paham antisipasi penularan penyakit," tutupnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres