Media Workshop: Yamaha Kupas Tuntas Berbagai Update Teknologi Canggih NMAX TURBO

Media Workshop: Yamaha Kupas Tuntas Berbagai Update Teknologi Canggih NMAX TURBO

Media Workshop: Yamaha Kupas Tuntas Berbagai Update Teknologi Canggih NMAX TURBO-Istimewa-

CIBINONG, MAGELANGEKSPRES - Skutik terbaru Yamaha NMAX "TURBO" memiliki tampilan desain yang kini terlihat lebih mewah, premium dan sporty.

Penyematan fitur-fitur first class seperti TFT Infotainment Display dan juga Navigation System pada skutik MAXI ini sangat mendukung aktivitas perjalanan touring jarak jauh.

Tidak hanya pada bagian desain dan fitur saja, NMAX "TURBO" juga mengalami perubahan besar yang menyasar area dapur pacu motor yang kini telah menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru. 

Generasi ini mengadopsi teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT), sehingga mampu menghadirkan sensasi TURBO saat berkendara. 

BACA JUGA:Yamaha NMAX 'TURBO' Resmi Mengaspal, Performa Semakin Garang

Menariknya lagi, penggunaan mesin anyar ini tidak hanya mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm serta torsi maksimum yang naik menjadi 14,2 Nm / 6.500 rpm (Torsi pada model sebelumnya adalah 13.9 Nm / 6.500 Rpm), tetapi juga menyajikan beberapa fitur anyar, yakni Riding Mode dan juga Y-shift.

Dengan berbagai fitur unggulan baru yang ditawarkan, maka tidak heran jika banyak orang yang panasaran apa saja perubahan yang ada pada jeroan mesin  NMAX “TURBO”. 

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Yamaha pun menggelar kegiatan Media Workshop yang berlangsung pada Jumat, 21 Juni 2024 di Dealer Yamaha Mekar Motor, Cibinong, Jawa Barat.

“Sejak diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat, NMAX “TURBO” sukses menarik perhatian para pecinta skutik premium di tanah air. Tidak hanya viral di media sosial, berbagai pembaruan pada motor khususnya penggunaan teknologi YECVT di bagian mesin, telah menjadi perbincangan yang menimbulkan rasa penasaran bagi konsumen," terang Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

BACA JUGA:Edyan! Lomba Animasi Yamaha 2 University with Udinus Semarang Tembus Lebih dari 100 Karya Animasi

Berikut adalah berbagai sentuhan pembaruan yang ada pada NMAX “TURBO” terutama di bagian sektor jantung pacu:

1. Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT)

Perbedaan yang paling menonjol pada mesin NMAX “TURBO” adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional, di mana cara kerjanya memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal. 

YECVT sendiri bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus yang meliputi Control Unit, Actuator serta beberapa Sensor yang mendapatkan garansi 2 tahun dan memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Transmission Control Unit (TCU): Mengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU)
  • ECVT Motor: menggerakan Pulley Primary
  • Sensor Motor Position (Primary): Mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke Transmission Control Unit (TCU)
  • Speed Sensor (Secondary): Mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: