Dua Jemaah Haji Asal Purworejo Wafat, Tiga Kloter Jemaah Haji Sudah Kembali

Dua Jemaah Haji Asal Purworejo Wafat, Tiga Kloter Jemaah Haji Sudah Kembali

PULANG HAJI. Jemaah haji Purworejo yang terbagi dalam 3 Kloter tiba di Pendopo Kabupaten Purworejo.-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Jemaah haji asal Kabupaten Purworejo yang terbagi dalam tiga kelompok terbang (Kloter) telah kembali ke kampung halamannya masing-masing.

Kolter 5 tiba di Pendopo Kabupaten Purworejo pada Senin (24/6) dini hari, Kloter 6 pada Senin (24/6) malam, dan Kloter 7 pada Selasa (25/6) malam.

Dari jumlah 659 jemaah haji yang berangkat diketahui bahwa dua orang di antaranya dikabarkan telah wafat saat berada di Makkah. Satu jemaah lainnya masih dirawat di rumah sakit di Arab Saudi.

BACA JUGA:Jamaah Haji Kabupaten Magelang 100 Persen Kembali Sehat, Tidak Ditemukan Meninggal

Kasi Pelayanan Haji dan Umroh pada Kantor Kemenag Kabupaten Purworejo, Herman Susilo, menyebut dua jemaah haji yang wafat tersebut adalah H Saderi Wiryo Semito asal Desa Banyuasin Separe Kecamatan Loano dari kloter 6 dan H Sulaksono Sudiharjo asal Desa Kaliwatu Kranggan Kecamatan Butuh.

Adapun jemaah haji yang sakit dan dirawat di RS Arab Saudi  adalah H Sulaiman asal Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen dari kloter 6.

"Kedua jemaah haji yang wafat tersebut yaitu Haji Saderi karena sakit sebelum pelaksanaan ibadah haji dan dibadalkan (diwakilkan). Sedangkan Haji Sulaksono wafat dua jam menjelang kepulangan jemaah ke tanah air,” sebutnya, Rabu (26/6).

Herman merinci, kepulangan haji asal Purworejo untuk kloter 5 dengan jemaah berjumlah 24 orang mendarat di Bandara Adi Sumarmo pada Minggu (23/6) malam sekitar pukul 19.30 WIB, kemudian masuk Asrama Haji Donohudan pukul 20.30 WIB.

BACA JUGA:Pj Bupati Sambut Kepulangan 660 Jamaah Haji Asal Temanggung di Pendopo Pengayoman

Berikutnya kloter 6 sejumlah 357 orang mendarat pada Senin (24/6) sore sekitar pukul 16.35 WIB dan masuk Asrama Haji Donohudan pada pukul 17.55 WIB.

"Tiga orang masuk ambulans dan dua orang menggunakan kursi roda," katanya.

Selanjutnya Kloter 7 dengan jumlah  278 orang telah mendarat pada hari Senin (24/6) petang sekitar pukul 17.05 WIB, lalu masuk Asrama Haji Donohudan pada sekitar pukul 18.25 WIB. Dua orang masuk ambulans, satu orang sakit dalam perjalanan pulang dan dirawat di RSI PDHI Kalasan.

“Semua koper milik jemaah juga sudah tiba di tanah air dan diangkut menggunakan truk untuk selanjutnya dibawa ke Kantor Kemenag. Koper bisa diambil oleh keluarga jemaah haji pada tanggal 25 dan 26 Juni,” terang Herman. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres