Sandiaga Uno di Magelang: Pemerintah Bakal Gulirkan Dana Abadi Khusus Pariwisata, dari APBN 2025 Rp2 Triliun

Sandiaga Uno di Magelang: Pemerintah Bakal Gulirkan Dana Abadi Khusus Pariwisata, dari APBN 2025 Rp2 Triliun

KUNJUNGAN. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno saat berkunjung ke Balkondes Wanurejo Borobudur.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

BOROBUDUR, MAGELANGEKSPRES – Pemerintah akan menggulirkan dana khusus pariwisata atau Indonesia Tourism Fund (ITF).

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga S Uno saat mengunjungi Desa Wisata Wanurejo, Borobudur, Magelang, Kamis (11/7). Dikatakan, dana abadi itu dialokasikan dalam APBN 2025 sebesar Rp2 triliun.

"Dana abadi pariwisata telah mendapat persetujuan presiden, untuk disiapkan regulasi pendukungnya Agustus 2024," katanya.

BACA JUGA:Pelanggan Ungkap Kenyamanan Fasilitas SPKLU PLN UP3 Magelang

Sebelumnya, pembentukan dana abadi pariwisata sempat menuai kontroversi. Karena pemerintah sempat berwacana untuk mengutip iuran tourism fund dan memasukkannya ke dalam komponen harga tiket pesawat.

Menteri Sandiaga menegaskan, dana abadi pariwisata sama sekali tidak akan membebani masyarakat.

"Tidak akan ada satu rupiah pun dipungut dari wisatawan. Baik dari tiket pesawat atau tiket masuk destinasi. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir," tandasnya.

Dana tersebut, menurut Sandiaga, akan digunakan untuk menggerakkan event-event lokal hingga skala internasional. Dengan harapan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan sehingga mampu membawa dampak penciptaan lapangan kerja yang lebih luas.

BACA JUGA:Sosok Eko Sunyoto, Seniman Senior yang Tarikan Relief Candi Borobudur sampai Lawatan ke Luar Negeri

Sejumlah event yang dipilih, masih kata lanjut Sandiaga, adalah yang membawa dampak ekonomi berdasar pergerakan wisatawan yang memberikan reputasi bagi pariwisata Indonesia di tingkat dunia.

Beberapa event yang dikurasi tahun ini dan dimintakan persetujuan presiden terpilih, Prabowo Subianto dengan pemerintahan baru yang bertugas pada Oktober mendatang.

Adapun event yang sudah masuk dalam pertimbangan antara lain, event olahraga seperti MotoGP dan Aqua Bike. Juga event musik, budaya dan ekonomi kreatif yang bisa memberikan dampak bagi ekonomi dan bisa menghibur masyarakat.

Sandiaga berharap, jumlah kunjungan wisatawan ke Borobudur semakin meningkat. Karena September nanti akan ada event nasional. Presiden Jokowi direncanakan hadir sekaligus melakukan pemasangan Catra di Candi Borobudur.

"Sekaligus mendeklarasikan Destinasi Super Prioritas Borobudur sebagai destinasi wisata spiritual dunia," terang Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres