Kloter Sapu Jagad Tiba di Wonosobo, 1 Jemaah Haji Dinyatakan Meninggal Dunia

Kloter Sapu Jagad Tiba di Wonosobo, 1 Jemaah Haji Dinyatakan Meninggal Dunia

HAJI. Sebanyak dua jemaah haji asal Kabupaten Wonosobo yang tergabung dalam kloter 72 atau kloter Sapu jagad telah tiba.-Agus Supriyadi-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Sebanyak dua jemaah haji asal Wonosobo yang tergabung dalam kloter 72 atau kloter Sapu jagad telah tiba di kabupaten dingin ini.

Hal tersebut sekaligus menutup seluruh rangkaian Ibadah Haji Kabupaten Wonosobo tahun 2024 yang telah selesai dilaksanakan.

Namun satu orang jemaah haji asal Wonosobo, yang awalnya mendapatkan perawatan intensif di tanah suci, akhirnya meninggal dunia.

Sebagian besar jemaah haji telah kembali kerumah masing-masing, meskipun terdapat 1 jemaah dengan takdir Allah SWT harus tinggal lebih lama di Bumi Makkah karena dinyatakan meninggal dunia.

BACA JUGA:Operasi Patuh Candi 2024, Kapolres Wonosobo: Meningkatkan Kepatuhan Berlalu Lintas

Jemaah haji yang meninggal tersebut yakni H. Achmad Nur Suparno, tergabung dalam kloter 13 beralamat di Sumberan Barat, Wonosobo.

Sebelum dirawat di RS, H. Suparno telah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji. Selanjutnya almarhum dimakamkan di Sharae Mekkah.

Adapun surat keterangan kematian yang dikeluarkan pihak arab saudi berikut dengan seluruh barang bawaan jemaah, koper, dan zam-zam, telah diserahkan kepada ahli waris atau keluarga H. Suparno.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kankemenag Wonosobo, Nawawi menyebutkan, dari total jemaah haji 725, tersisa 724 jemaah yang kembali ke Tanah Air.

Dengan rincian Kloter 11 sebanyak 118, Kloter 12 sebanyak 355, Kloter 13 sebanyak 245, Kloter 15 sejumlah 1 jemaah, kloter 16 sejumlah 3 orang dan terakhir kloter 72 sejumlah  2 orang.

BACA JUGA:DBHCHT Fasilitasi Pelaku Usaha dan Perajin Kembangkan Produksi Rokok di Wonosobo

"Alhamdulillah rangkaian perjalanan ibadah haji telah berjalan dengan baik, ditutup dengan penjemputan kepulagan jemaah haji kloter 72, dan telah sampai di keluarga masing-masing," katanya.

Ia juga menyampaikan bela sungkawanya kepada keluarga H. Suparno yang wafat di Jeddah.

"Kami turut berduka cita atas wafatnya salah sstu jemaah haji Wonosobo. Beliau wafat dengan keadaan telah menunaikan wajibnya sebagai umat islam. Semoga husnul khatimah dan mendapat tempat terbaik disisinya," pungkasnya. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres